Makna Lailatul Qadar dan Tanda-Tanda Orang yang Mendapatkannya Menurut Prof Quraish

"Pendiri Pusat Studi Al Qur’an (PSQ) Prof Muhammad Quraish Shihab menjelaskan makna Lailatul Qadar dan tanda-tanda orang yang mendapatkannya."

Life | 04 April 2024, 04:46
Makna Lailatul Qadar dan Tanda-Tanda Orang yang Mendapatkannya Menurut Prof Quraish

Jakarta - Pendiri Pusat Studi Al Qur’an (PSQ) Prof Muhammad Quraish Shihab menjelaskan bahwa Lailatul Qadar memiliki tiga makna. 

Pertama, malam yang mulia. Makna ini sangat familiar di kalangan masyarakat Muslim. Disebut mulia, salah satunya karena Al-Qur’an diturunkan bertepatan pada malam ini.

Kedua, malam yang sempit. Pakar tafsir ini menyampaikan bahwa saat Lailatul Qadar, begitu banyak malaikat turun ke bumi sehingga bumi ini terasa sempit.

Ketiga, malam ketetapan. Prof Quraish menjelaskan bahwa pada Lailatul Qadar, Allah menetapkan sesuatu yang boleh jadi untuk masyarakat luas, seperti turunnya Al-Qur’an untuk umat manusia.

Lailatul Qadar secara khusus dijelaskan dalam Al-Qur'an pada Surat Al-Qadar. Di ayat ketiga, diterangkan bahwa Lailatul Qadar lebih baik daripada 1000 bulan. Menurut Prof Quraish, angka yang disebutkan dalam ayat ini tidak bisa dibayangkan setara dengan 83 tahun.


Cendekiawan Muslim ini kemudian membeberkan tanda-tanda orang yang mendapatkan Lailatul Qadar dengan menafsirkan ayat ke-4 surat Al-Qadar. Hal tersebut bermakna bahwa malaikat selalu menganjurkan kebaikan, sehingga orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, hidupnya akan selalu terdorong untuk berbuat kebaikan. Tanda berikutnya, hati seseorang yang menemui Lailatul Qadar senantiasa damai, tidak dendam, dan tidak dengki. Lailatul Qadar hanya terjadi pada Ramadhan, tapi waktunya dirahasiakan Allah. Hikmah di balik ini semua yakni agar umat Islam bisa mempersiapkan dengan selalu berbuat kebaikan sepanjang waktu.

(p/f)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya