Tips Hemat Baterai saat Mudik Menggunakan Mobil Listrik

"Mobil listrik menjadi alternatif transportasi yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Simak tips hemat baterai saat mudik menggunakan mobil listrik."

Life | 04 April 2024, 22:08

Mobil listrik saat ini menjadi alternatif transportasi yang banyak diminati masyarakat untuk mudik ke kampung halaman saat lebaran Idul Fitri. Selain ramah lingkungan, mobil listrik juga menawarkan efisiensi bahan bakar dan biaya yang lebih rendah.

Namun, bagi Anda yang baru pertama pertama kali menggunakan mobil listrik untuk mudik, penting untuk mengetahui beberapa tips mudik pakai mobil listrik.

Nah, berikut adalah sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan selamat sampai tujuan.

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

  1. Rencanakan Rute dan Titik Pengisian Daya

    Sebelum memulai perjalanan, pastikan Anda telah merencanakan rute perjalanan dengan cermat. Cari tahu titik-titik pengisian daya atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersedia di sepanjang rute mudik.

    Bila perlu, pilih rute yang memiliki cukup banyak SPKLU untuk menghindari kehabisan daya di tengah jalan.

  2. Perhitungkan Jarak Tempuh dan Ketersediaan Daya Baterai

    Sebelum berangkat, pastikan telah memperhitungkan jarak tempuh mobil listrik Anda dan kapasitas daya baterainya.

    Pastikan baterai terisi penuh sebelum memulai perjalanan. Selain itu, ketahui estimasi jarak yang bisa ditempuh oleh mobil listrik Anda dengan sekali pengisian daya, sehingga bisa merencanakan waktu istirahat dan pengisian daya dengan tepat.

  3. Manfaatkan Teknologi dan Aplikasi Pendukung

    Untuk memudahkan perjalanan, manfaatkan teknologi dan aplikasi pendukung seperti aplikasi navigasi yang dapat memberikan informasi tentang lokasi SPKLU, jarak tempuh, dan estimasi waktu tiba.

    Beberapa aplikasi juga dilengkapi dengan fitur untuk mencari rute alternatif atau rencana perjalanan yang lebih efisien.

  4. Siapkan Peralatan Pengisian Daya Tambahan

    Meskipun sebagian besar mobil listrik dilengkapi dengan kabel pengisian daya yang kompatibel dengan SPKLU, tapi ada baiknya juga membawa peralatan pengisian daya tambahan sebagai antisipasi.

    Misalnya, bawa kabel ekstensi yang panjang agar dapat mengakses SPKLU yang terletak jauh dari tempat parkir mobil Anda.

  5. Atur Suhu dengan Bijak

    Agar baterai mobil listrik tidak boros, hindari menggunakan pendingin udara atau pemanas mobil secara berlebihan, karena dapat meningkatkan konsumsi daya baterai.

    Atur suhu interior mobil secara bijak sesuai dengan kebutuhan agar tidak menguras daya baterai secara signifikan.

  6. Perhatikan Kondisi Jalan dan Cuaca

    Selalu perhatikan kondisi jalan dan cuaca saat melakukan perjalanan. Beberapa faktor seperti kemacetan lalu lintas atau kondisi cuaca buruk dapat memengaruhi estimasi waktu perjalanan dan konsumsi daya baterai mobil. Sesuaikan kecepatan dan gaya mengemudi Anda untuk mengoptimalkan efisiensi energi.

  7. Bawa Emergency Tools

    Saat mudik menggunakan mobil listrik, jangan lupa untuk selalu membawa emergency tools. Beberapa alat yang bisa dibawa diantaranya mulai dari ban serep, segitiga emergency, dongkrak, cairan penambal ban, kartu tol, hingga obat-obatan.

  8. Berkendara Secara Santai

    Tips mudik pakai mobil listrik yang terakhir adalah berkendara secara santai. Jangan berkendara terlalu cepat karena bisa menguras baterai. Dengan begitu, Anda bisa menghemat banyak waktu pengisian daya.

RIZKI DEWI AYU

Pilihan Editor: Mudik dengan Mobil Listrik? Ini Lokasi SPKLU di Rest Area Tol Trans Jawa


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya