Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Tanpa Baking Soda Menggunakan 1 Bahan Pemanis

"Pori-pori wajah bisa terlihat lebih besar ketika terisi dengan sebum, kotoran, sel kulit mati, atau zat-zat lainnya. Pelajari cara mengecilkan pori-pori wajah dengan menggunakan 1 bahan pemanis alami ..."

Life | 12 April 2024, 07:28
Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Tanpa Baking Soda Menggunakan 1 Bahan Pemanis

Pori-pori wajah bisa terlihat lebih besar ketika terisi dengan sebum, kotoran, sel kulit mati, atau zat-zat lainnya. Kondisi pori-pori yang tersumbat bisa menimbulkan sejumlah masalah bagi kulit, seperti jerawat, komedo, dan tampak kusam. Untuk itu kamu harus rajin untuk membersihkan pori-pori wajah. Membersihkan pori-pori secara rutin akan membuat tampilannya jadi lebih mengecil.

Salah satu cara membersihkan kulit secara rutin dengan menggunakan metode eksfoliasi. Eksfoliasi secara teratur membantu mengangkat sel kulit mati dari permukaan kulit, mengurangi kemungkinan pori-pori tersumbat. Penggunaan scrub wajah dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan pori-pori yang membesar.

Untuk melakukan proses eksfoliasi kamu bisa menggunakan scrub yang terbuat dari bahan alami. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah baking soda. Memang baking soda ini mampu membersihkan pori-pori wajah dengan tekstur yang kasar. Namun penggunaan baking soda terlalu sering bisa menyebabkan kulit iritasi.

Sebagai solusinya kamu bisa menggunakan bahan lainnya. Seperti yang digunakan oleh seorang beauty vlogger dengan kanal YouTube @The_beauty_box. Ia memanfaatkan gula pasir, madu murni, dan lemon untuk bersihkan pori-pori wajah. Bukan asal pakai, semua bahan-bahan tersebut punya manfaatnya masing-masing bagi kecantikan kulit.

Gula pasir memiliki tekstur yang kasar, sehingga cocok digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Ketika digunakan sebagai scrub wajah, gula pasir membantu membersihkan pori-pori dengan cara mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati dari permukaan kulit.

Madu murni memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu membersihkan pori-pori dari bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat. Madu murni juga merupakan pelembap alami yang efektif, membantu menjaga kulit tetap lembap dan mengurangi resiko iritasi saat membersihkan pori-pori.

Lemon mengandung asam sitrat yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih, membantu membersihkan dan menyempitkan pori-pori. Kandungan vitamin C dalam lemon dapat membantu menyamarkan noda gelap dan hiperpigmentasi pada kulit, memberikan tampilan kulit yang lebih cerah dan merata.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, kamu sudah bisa mengecilkan pori-pori wajah. Lantas bagaimana cara membuatnya? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak tutorial yang dibagikan pengguna YouTube @The_beauty_box, sebagai berikut.

Bahan:

  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok makan madu murni
  • 1 sendok makan jus lemon
  • 1 sendok makan pasta gigi

Cara membuat:

  1. Siapkan mangkuk dan sendok bersih
  2. Tuangkan gula pasir ke dalam wadah tersebut
  3. Tambahkan madu murni
  4. Tuangkan jus lemon
  5. Campurkan dengan pasta gigi
  6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  7. Scrub siap digunakan

Cara menggunakan:

  1. Pastikan wajah kamu bersih
  2. Aplikasikan scrub tersebut ke seluruh wajah, terutama pada bagian hidung atau kulit yang berkomedo
  3. Tunggu hingga masker kering
  4. Bersihkan wajah menggunakan air biasa
  5. Keringkan wajah pakai handuk kering ataupun tisu bersih
  6. Ulangi penggunaan scrub setidaknya dua kali dalam seminggu

Wajah awet muda dengan madu. Madu mengandung berbagai antioksidan, termasuk flavonoid, polifenol, dan asam fenolat, yang dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Dengan mengandung antioksidan, madu membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Sifat antiinflamasi dari madu juga membantu meredakan peradangan pada kulit, yang dapat berkontribusi pada tanda-tanda penuaan seperti kemerahan dan iritasi. Dengan mengurangi peradangan, madu membantu menjaga kulit tetap tenang dan terlihat lebih muda.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 25 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya