Cara Mengatasi Kulit Kendur dengan 1 Bahan Makanan, Membuat Ibu-Ibu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda di Usia 50

"Mengalami kulit kendur dan tanda-tanda penuaan lainnya di usia 50 adalah hal yang wajar. Namun, ada cara mengatasi kulit kendur dengan 1 bahan makanan yang bisa membuat ibu-ibu terlihat 10 tahun lebih..."

Life | 13 April 2024, 04:13
Cara Mengatasi Kulit Kendur dengan 1 Bahan Makanan, Membuat Ibu-Ibu Terlihat 10 Tahun Lebih Muda di Usia 50

Mengalami kulit kendur dan munculnya berbagai tanda penuaan lain seperti garis halus, keriput, kerutan, serta flek hitam adalah hal wajar yang dialami oleh seseorang berusia 50 tahun. Masalahnya, di usia setengah abad ini produksi kolagen di jaringan kulit sudah mengalami penurunan. Bahkan komponen elastin juga ikut berkurang. Tak heran jika kulit akan kesulitan untuk mempertahankan kekencangan dan kekenyalannya.

Bukan itu saja, di usia 50 tahun regenerasi kulit juga akan melambat. Alhasil paparan sinar matahari, polusi, perubahan cuaca, dan radikal bebas lainnya akan lebih mudah merusak kulit. Kulit rusak inilah yang akan menjadikannya wajah cepat menua. Bahkan produksi sebum yang menurun seiring bertambahnya usia juga akan membuat kulit jadi mudah kering atau dehidrasi.

Perlu dicatat, masalah ini juga bisa muncul pada seseorang yang masih muda, lho. Ini karena berbagai faktor seperti tidak menjaga kelembapan kulit, gaya hidup tidak sehat, hingga efek stres. Beberapa faktor tersebut dapat merusak skin barrier dan menyebabkan kulit cepat mengendur.

Memiliki wajah kendur dan penuh dengan berbagai tanda penuaan memang cukup mengganggu penampilan. Tak heran banyak orang yang ingin mengencangkan kulit kendur agar tampak awet muda, fresh, dan glowing meski di usia 50 tahun. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh salah seorang ibu-ibu melalui akun TikTok pribadinya @kamsworldoffashion35 pada 20 Oktober 2020. Video itu berisi tentang cara atasi kulit kendur pakai 1 bahan makanan. Bahan makanan yang dimaksud adalah beras. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu yoghurt dan madu.

Beras adalah bahan makanan pokok yang tinggi kandungan karbohidrat. Meski begitu, bahan makanan ini ternyata juga bisa bermanfaat untuk perawatan kulit, lho. Salah satunya adalah untuk mengatasi kulit keriput. Beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol, yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV matahari. Beras juga mengandung antioksidan yang dapat menghambat aktivitas elastase atau enzim yang merusak elastin. Oleh karenanya, beras dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan memperlambat terjadinya kulit kendur. Kandungan vitamin E dalam beras juga efektif untuk merangsang pembentukan kolagen. Hal ini lah yang akan membuat kulit wajah tetap kencang dan awet muda.

Dilansir dari Healthline, greek yoghurt atau yoghurt plain dapat membantu melembapkan dan menjaga kulit tetap kencang dan bebas kendur. Ini berkat kandungan asam laktat yang berperan sebagai bahan antiaging untuk menjaga kekencangan kulit. Tak hanya itu saja, penggunaan yoghurt sebagai masker wajah secara rutin dapat membuat wajah cerah dan glowing alami.

Madu juga bisa kamu tambahkan sebagai bahan untuk menjaga wajah tetap kencang dan terbebas dari kulit kendur. Pemanis alami ini dianggap mampu merangsang pembentukan kolagen berkat kandungan antioksidan dan vitamin E di dalamnya. Bahkan kulitmu juga akan terasa lebih lembap, cerah, dan kenyal.

Mengandalkan ketiga bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah penuaan kulit di wajah. Tak heran jika masker ini bisa membantu mengencangkan kulit wajah dan mencegahnya dari kulit kendur. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

Bahan:

- 1 sendok makan bubuk beras (kamu bisa menghaluskannya menggunakan blender atau menggunakan tepung beras)
- 1 sendok makan yoghurt plain
- 1 sendok makan madu

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup yang masih menempel.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
5. Diamkan selama 10-15 menit.
6. Gosok-gosok dengan lembut lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang 10 tahun lebih muda meski berusia 50 tahun.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya