Strategi Telkomsel dalam Menjaga Kualitas Jaringan saat Arus Mudik

"Telkomsel mengungkapkan strategi menjaga kualitas jaringan di masa libur lebaran dan mudik tahun ini dengan optimalisasi jaringan di area khusus dan peningkatan service level."

Tech | 13 April 2024, 12:47

Jakarta, - VP Corporate Communication & Social Responsibility Telkomsel, Saki Hamsat Bramono mengungkapkan strategi menjaga kualitas jaringan di masa libur lebaran dan mudik tahun ini. Dia mengatakan ada 444 titik point of interest yang disiapkan dan optimalisasi jaringan mulai di area khusus.

Saki menyebutkan, area khusus yang dimaksud adalah pelabuhan, bandara, dan stasiun, rumah ibadah, alun-alun, dan beberapa titik lainnya.

"Hari ini banyak pemudik. Data pemerintah menunjukkan akan ada sekitar lebih dari 190 juta pemudik yang akan bergerak di Indonesia dan kami memprediksi akan ada peningkatan traffic data sekitar 13-15% yang dikontribusikan dari online gaming sebesar 40%, lalu 22% video streaming, e-commerce juga naik hampir 10% dan sosial media," kata Saki kepada CNBC Indonesia, Kamis (4/4/2024).

Telkomsel juga akan optimalisasi jaringan di daerah tersebut dengan open digital arsitektur (ODA) dengan otomasi network yang terjaga. Saki mengatakan, pihaknya juga akan meningkatkan service level dan kualitasnya.

"Ini yang akan kita deliver buat pelanggan, bagaimana bisa melebihi ekspektasi mereka. Sehingga pada saat mudik dan tiba di kota tujuan, mereka bisa menikmati semua layanan streaming, layanan internet dengan baik dari kami," jelasnya.

Pihaknya juga mengantisipasi lonjakan permintaan selama momen Ramadan dengan memantau pergerakan di titik-titik mana saja data dari pemudik mulai bergerak.

"Ini selalu kita analisis, dengan machine learning kita, kita terus improve, kita ingin melihat bagaimana suatu daerah tertentu dalam rute mudik atau special area mereka mana yang membutuhkan kapasitas lebih," kata dia.

Area itulah yang kemudian dioptimalisasi dengan otomasi network. Telkomsel saat ini juga memiliki konfigurasi melalui algoritma AI.

"Ini yang membuat sekarang semua peningkatan kapasitas kita berjalan efektif dan efisien," ungkapnya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya