Gelombang Gravitasi Mengungkapkan Fenomena Baru dalam Fisika

"Gelombang gravitasi adalah fenomena alam yang baru-baru ini diungkapkan oleh para ilmuwan. Artikel ini menjelaskan apa itu gelombang gravitasi dan implikasinya dalam fisika modern."

Tech | 13 April 2024, 20:00
Gelombang Gravitasi Mengungkapkan Fenomena Baru dalam Fisika

Gelombang gravitasi adalah gangguan dalam ruang-waktu yang disebabkan oleh peristiwa-peristiwa alam seperti tabrakan bintang neutron atau lubang hitam. Fenomena ini pertama kali diprediksi oleh Albert Einstein dalam teorinya tentang relativitas umum pada tahun 1915.

Baru-baru ini, para ilmuwan berhasil mendeteksi gelombang gravitasi secara langsung menggunakan LIGO (Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory). Penemuan ini merupakan terobosan besar dalam fisika dan membuka jalan untuk mempelajari alam semesta dengan cara yang baru.

Gelombang gravitasi memiliki beberapa karakteristik unik. Pertama, mereka merambat pada kecepatan cahaya dan tidak terpengaruh oleh medan elektromagnetik. Kedua, mereka dapat melewati benda-benda seperti planet atau bintang tanpa berinteraksi dengannya secara signifikan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya