Cara Mengatasi Tumit Kaki Retak Menghitam Tanpa Perawatan di Salon dengan 1 Bumbu Dapur

"Tumit kaki retak menjadi salah satu masalah kulit kaki yang banyak dialami oleh sejumlah orang. Baca artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi tumit kaki retak menggunakan bawang putih dan madu murn..."

Life | 13 April 2024, 20:18
Cara Mengatasi Tumit Kaki Retak Menghitam Tanpa Perawatan di Salon dengan 1 Bumbu Dapur

Tumit kaki retak menjadi salah satu masalah kulit kaki yang banyak dialami oleh sejumlah orang. Lantaran masalah ini terjadi ketika bagian tumit mengalami kekeringan yang berlebihan. Kulit di tumit kaki memang cenderung memiliki sedikit kelenjar minyak dibandingkan dengan bagian-bagian lain dari tubuh. Akibatnya, mereka rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah.

Kondisi tumit kaki retak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti paparan lingkungan eksternal yaitu cuaca kering, angin, dan panas berlebihan. Kondisi tersebut membuat tumit kaki jadi kering dan retak. Penggunaan alas kaki yang tidak sesuai juga bisa memperburuk kondisi tersebut.

Selain faktor di atas, berdiri atau berjalan dalam waktu yang lama, terutama di permukaan yang keras dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tumit kaki. Sehingga menyebabkan kulit menjadi keras dan pecah-pecah sebagai respons terhadap tekanan tersebut.

Walaupun faktornya sebagian datang dari kebiasaan harian, kamu tak perlu khawatir. Tumit kaki retak masih bisa diatasi. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan tanpa pergi ke salon kecantikan. Mulai dari menggunakan pelembap, merendam kaki menggunakan air campuran minyak alami, hingga eksfoliasi memakai bahan alami seperti yang dilakukan beauty vlogger pemilik kanal YouTube @nasyarazeta2022.

Lewat unggahan video di kanal YouTubenya, Nasya memanfaatkan bawang putih dan madu murni. Kedua bahan alami tersebut punya manfaatnya masing-masing untuk jaga kesehatan kulit kaki.

Bawang putih memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiperadangan yang dapat membantu melawan infeksi dan peradangan pada kulit. Semua kandungan tersebut juga dapat membantu mengurangi risiko infeksi sekunder pada retakan kulit dan mempercepat proses penyembuhan. Sementara itu, bawang putih memiliki sifat pembersihan yang dapat membantu membersihkan kulit dari kuman, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang menghambat proses penyembuhan.

Di sisi lain, madu mengandung antioksidan yang kuat, seperti flavonoid yang bisa membantu melawan radikal bebas dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Sifat hidrasi alami madu juga membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kekeringan. Sama halnya dengan bawang putih, madu juga memiliki sifat pembersihan alami yang membantu menjaga kebersihan kulit dan mencegah infeksi.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan scrub itu? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak langkah-langkah di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @nasyarazeta2022, sebagai berikut:

Bahan:

- 2 bawang putih

- 1 sendok makan madu murni

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk bersih.

2. Parut bawang putih.

3. Tambahkan madu murni.

4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

5. Scrub siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Bersihkan tumit kaki retak terlebih dahulu.

2. Oleskan scrub tersebut ke tumit kaki retak secara merata.

3. Tunggu kurang lebih 15 menit.

4. Gosok-gosok tumit kaki secara perlahan.

5. Bilas tumit kaki menggunakan air biasa.

6. Gunakan trik ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Selain digunakan untuk atasi tumit kaki retak, madu juga mampu mencerahkan kulit di sekitarnya. Dilansir dari healthline.com, madu mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, serta meredakan peradangan. Dengan merawat kulit kaki secara teratur menggunakan madu dapat membantu menjaga kulit tetap sehat, halus, dan terawat, yang pada akhirnya dapat membuat kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya