Apakah iPhone 16 Plus Akan Diluncurkan dengan Kapasitas Baterai yang Lebih Rendah?

"Bocoran tentang kapasitas baterai iPhone 16 Plus yang lebih rendah dibandingkan versi sebelumnya."

Tech | 16 April 2024, 07:52
Apakah iPhone 16 Plus Akan Diluncurkan dengan Kapasitas Baterai yang Lebih Rendah?

Kehadiran smartphone baru Apple, iPhone 16 masih menunggu waktu setidaknya hingga September mendatang. Meski begitu bocoran tentang spesifikasi smartphone ini mulai beredar satu demi satu.

Jika sebelumnya tentang desain, kali ini adalah mengenai kapasitas baterai yang diusungnya. Sebelumnya, Apple selalu membuat masa pakai baterai atau battery life sebagai salah satu daya jual perangkatnya.

Ketika Co-founder Apple, Steve Jobs, mengumumkan iPhone pertama di 2007, ia mengatakan bahwa smartphone tersebut memiliki kemampuan manajemen daya tinggi.

Saat itu, kemampuan daya iPhone pertama adalah mampu memutar audio hingga 16 jam dan 5 jam waktu bicara, video dan browsing. Jobs mengatakan, kemampuan tersebut jauh lebih baik ketimbang kemampuan perangkat milik kompetitor.

Sayangnya, iPhone 16 Plus yang akan datang mungkin tak akan bisa menyamai tradisi yang selama ini dipegang Apple.

Pasalnya, merujuk bocoran iPhone 16 Plus yang beredar di media sosial, iPhone 16 Plus yang memiliki ukuran 6,7 inci akan memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya yang dirilis tahun lalu (iPhone 15 Plus).

Baterai iPhone 16 Plus 9 Persen Lebih Kecil Dibanding Pendahulu

iPhone seri Plus dijual sebagai opsi smartphone yang lebih murah ketimbang model Pro.

Adapun iPhone 16 Plus ini memiliki baterai yang 9 persen lebih kecil ketimbang pendahulunya. Sebagai perbandingan, model iPhone 16 lainnya memiliki kapasitas daya yang 6 persen lebih besar.

Bocoran ini berasal dari leaker OvO Baby Sauce OvO, yang sayangnya ia tidak memiliki track record akurat mengenai bocoran iPhone.

Delam bocoran sebelumnya yang dilihat oleh MacRumors, mengungkapkan kapasitas baterai serupa. Juru bicara Apple tidak memberikan respon ketika dimintai komentar.

Kapasitas Baterai Lebih Kecil Tapi Lebih Efisien?

Detail bocoran iPhone 16 Plus memberikan sejumlah gambaran tentang bagaimana model iPhone 16 Plus tahun ini, ketimbang versi iPhone sebelumnya. Namun, rumor lain mengungkap baterai yang lebih efisien.

Dengan peningkatan desain chip reguler dan fitur software-nya, daya tahan baterai dari iPhone 16 Plus mungkin tak berubah dibandingkan sebelumnya. Namun, pengamat industri teknologi cenderung melihat langkah Apple ini sebagai penurunan.

Bakal Ada Action Button Seperti iPhone 15 Pro?

Selain perubahan baterai dan layar, Apple dikabarkan menambahkan Action Button yang sebelumnya baru dihadirkan di iPhone 15 Pro sebagai pengganti dari mute switch.

Apple juga dikabarkan akan mengembangkan teknologi kecerdasan yang terintegrasi dalam perangkat iPhone-nya. Dengan serangkaian upgrade software yang akan diumumkan di konferensi pengembang WWDC pada Juni mendatang.

Sebelumnya di masa lalu Apple juga membuat progress dalam hal kecerdasan buatan, mulai dari tool edit photo yang lebih mumpuni dan stabilisasi video sebagai poin utama dari upgrade iPhone tahunannya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya