6 Tanda Orang yang Hidup dengan Sederhana namun Bahagia

"Ingin tahu tanda-tanda orang yang hidup dengan sederhana tapi bahagia? Simak artikel ini untuk mengetahuinya!"

Life | 16 April 2024, 09:51
6 Tanda Orang yang Hidup dengan Sederhana namun Bahagia

Siapa pun pasti menginginkan hidup bahagia, tapi seringkali cara setiap orang mendefinisikan dan mencari kebahagiaan bisa berbeda-beda. Terkadang sifat atau karakter alami di dalam diri memengaruhi bagaimana seseorang merasa bahagia dalam hidupnya. Ada tipe orang yang lebih bahagia ketika ia memilih hidup yang sederhana, dan biasanya mereka menunjukkan tanda-tanda khusus. Ini dia jika seseorang sedang menjalani hidup yang sederhana tapi penuh kebahagiaan alias living simply but happy.

1. Gampang bersyukur

Kebiasaan sering bersyukur secara alami mampu menimbulkan perasaan lebih puas dan bahagia terhadap hidup yang dijalani. Apa pun rezeki yang diterima akan selalu disyukuri sehingga kita merasa tidak kurang dengan apa yang kita dapat dan miliki. Mudah bersyukur juga membuat kita jauh dari sikap serakah atau pun iri dengki terhadap kehidupan atau barang milik orang lain.

2. Rendah hati

Orang-orang yang bahagia menjalani hidup sederhana biasanya bersikap rendah hati. Ia tidak sombong, angkuh atau suka pamer. Ia menghargai orang lain dengan baik, seperti ia menghargai dirinya sendiri. Ia mengucap terima kasih pada orang-orang yang membantunya, bersikap sopan atau baik padanya. Ia tidak membuang waktu melakukan hal-hal yang sekiranya kurang bermanfaat dan lebih suka berada di rumah menghabiskan waktu tenang dan nyaman bersama keluarga.

3. Merasa cukup

Orang-orang yang bahagia dengan hidup sederhana pasti merasa cukup dengan segala hal yang ada pada dirinya atau pun yang ia terima dari semesta. Ia menghargai apa yang dimiliki saat ini, tidak menyia-nyiakan apa yang dinikmati dan tidak ragu merayakan setiap pencapaian kecil karena segalanya berarti baginya. Sikap cukup seperti ini yang membuat hatinya penuh bahkan tanpa perlu punya materi duniawi yang melimpah.

4. Tidak terobsesi kaya raya

Tentu semua orang di dunia ini butuh uang dan kekayaan untuk bisa menjalani hidup yang ideal. Tapi orang bahagia yang memilih hidup sederhana tidak terikat pada materi duniawi sebegitu atau tidak terobsesi ingin kaya raya. Kebahagiaan mereka tidak bergantung pada seberapa kaya raya atau banyak harta dirinya. Kegembiraannya terletak pada jasmani yang sehat, rohani yang tenang dan pikiran yang damai.

5. Tidak mengikuti tren

Satu tanda pasti jika seseorang hidup sederhana tapi bahagia adalah tidak mengikuti tren masa kini. Bisa jadi ia tidak tahu sama sekali apa tren yang sedang berlaku saat ini, bahkan jika ia tahu dan mengikuti informasi saat ini, ia tetap tidak tertarik mengikuti tren. Ia berpegang pada nilai-nilai yang lebih berlaku timeless, belaku sepanjang hidup dan tidak kehilangan nilai seiring berlalunya waktu.

6. Tidak banyak menumpuk barang

Salah satu tanda bahwa seseorang hidup bahagia dengan kesederhanaan adalah ketika ia tidak memiliki banyak barang di rumahnya. Ia hanya memiliki barang-barang fungsional yang paling penting saja untuk dimiliki seperti baju, kasur, alat makan, dan semacamnya. Ia tidak impulsif atau menghabiskan waktu untuk belanja hal-hal yang kurang ia butuhkan. Ia membeli apa pun secukupnya dan sebutuhnya. Menjaga lingkungan tempat tinggal rapi dan bersih juga pertanda kesehatan mental yang kuat.

Itu dia beberapa tanda ketika seseorang hidup sederhana tapi penuh kebahagiaan, motto hidupnya benar-benar living simply but happy.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya