Cara Memeriksa Daya Tampung Setiap Program Studi di UM-PTKIN 2024

"Panduan untuk mengetahui daya tampung setiap program studi di UM-PTKIN 2024 dan manfaatnya"

Life | 17 April 2024, 02:34
Cara Memeriksa Daya Tampung Setiap Program Studi di UM-PTKIN 2024

Pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024 akan dibuka pada Rabu, 17 April 2024 pukul 08.00 WIB hingga Sabtu, 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

UM-PTKIN 2024 dapat diikuti calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), dan Perguruan Tinggi yang memiliki program studi dengan izin pendirian dari Kementerian Agama.

Selain menentukan kampus PTKIN, calon mahasiswa juga perlu mengetahui daya tampung atau kuota yang tersedia pada setiap prodi di kampus yang dituju. Daya tampung adalah jumlah maksimal mahasiswa yang dapat diterima oleh perguruan tinggi dalam satu tahun akademik.

Lalu bagaimana cara untuk mengetahui daya tampung tiap-tiap prodi dan kampus PTKIN? Calon mahasiswa dapat melakukan langkah berikut:

  1. Klik laman um.ptkin.ac.id
  2. Klik kolom PTKIN
  3. Pilih nama PTKIN
  4. Klik Daya Tampung

Dengan langkah-langkah tersebut, selain daya tampung juga akan diketahui kode prodi dan nama prodi pada PTKIN. Kita bisa tahu misalnya kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada UM-PTKIN 2024 menyediakan sebanyak 2.908 kursi. Kursi atau daya tampung ini terbagi untuk 30 program studi (prodi) atau jurusan yang disediakan UIN Jakarta.

Daya tampung prodi UIN Jakarta di UM-PTKIN 2024 terbanyak adalah 160 mahasiswa dan paling sedikit 58 mahasiswa. Prodi dengan daya tampung terbanyak tersebut adalah Komunikasi dan Penyiaran Islam. Prodi dengan daya tampung terbanyak berikutnya adalah Pendidikan Agama Islam, Dirasat Islamiyah, Perbankan Syariah, dan Ekonomi Syariah. Daya tampung tiap-tiap prodi ini adalah 140.

Mengetahui daya tampung atau kursi atau kuota pada prodi dan kampus yang dituju memiliki sejumlah manfaat. Ifan Prasya dalam studiliv.com menyebutkan beberapa manfaat tersebut:

  1. Perencanaan pendidikan: Dengan mengetahui daya tampung, calon mahasiswa dapat merencanakan pendidikan dengan lebih baik.
  2. Persiapan yang lebih baik: Mengetahui daya tampung juga membantu calon mahasiswa mempersiapkan diri dengan lebih baik.
  3. Mencari pilihan alternatif: Jika daya tampung institusi pendidikan pilihan terbatas, calon mahasiswa dapat mencari alternatif lain.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya