Pentingnya Inovasi Enkripsi dalam Mencegah Kebocoran Data dan Mematuhi Regulasi UU PDP Menurut CEO Equnix

"CEO Equnix menekankan pentingnya inovasi enkripsi dalam mencegah kebocoran data dan memenuhi regulasi UU PDP. Dalam era digital saat ini, perlindungan data menjadi sangat penting. Dengan adanya inovas..."

Tech | 17 April 2024, 12:31
Pentingnya Inovasi Enkripsi dalam Mencegah Kebocoran Data dan Mematuhi Regulasi UU PDP Menurut CEO Equnix

Jakarta - Equnix jadi satu-satunya perwakilan Indonesia yang menghadiri perhelatan FOSSASIA Summit 2024, yang baru saja selesai digelar di Hanoi, Vietnam pada 8-10 April 2024.

Di acara konfersensi teknologi tersebut CEO PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang, tampil memaparkan tentang perlindungan data mutakhir dalam topik 'Protecting your private data with Seamless Encryption in 11DB/Postgres'.

Advertisement

"Relational Database Management System (RDBMS) memainkan peran penting dalam dunia bisnis. Tidak akan ada bisnis tanpa transaksi, oleh karena itu RDBMS diperlukan untuk memastikan transaksi berjalan dengan baik," ujar Julyanto, dikutip Selasa (16/4/2024).

Ia menilai transaksi menjadi semakin kompleks dan banyak variasi data yang terlibat dalam sistem informasi.

"Hal ini menimbulkan kekhawatiran mengenai privasi data (risiko kebocoran data) dan kedaulatan data, selain juga integritas data," kata Julyanto.

Ia menyebut menerapkan perlindungan data bukanlah tugas mudah. Diperlukan banyak faktor untuk mengaktifkannya, mulai dari kontrol akses, manajemen kunci, kemampuan pencarian dengan indeks, enkripsi cepat, dan dekripsi untuk memastikan transisi yang lancar antara sebelum dan sesudah penerapan enkripsi.

"Meski demikian, memiliki mekanisme perlindungan data yang hebat dan canggih adalah suatu keharusan dalam penerapan TI untuk bisnis saat ini. Sebagai bagian dari RDBMS yang hebat untuk bisnis, PostgreSQL telah diterapkan di banyak perusahaan besar, pemerintahan Indonesia, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya," ia menjelaskan.

PostgreSQL, Julyanto melanjutkan, memiliki kemampuan untuk mengenkripsi dan mendekripsi data sebagai bagian dari upaya mengaktifkan perlindungan data.

Kebocoran Data Jadi Ancaman Mendesak

Pendekatan canggih itu diklaim sudah diterapkan pada 11DB/PostgresTM, yang disebut sebagai Equnix Seamless Encryption (ESE).

Di Indonesia sendiri, fitur enkripsi ini dikembangkan Equnix untuk membantu korporasi dalam memenuhi regulasi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP) dan menjaga keamanan data korporasi.

"Kebocoran data pribadi telah menjadi ancaman mendesak bagi korporasi di seluruh dunia. Inovasi enkripsi diperlukan untuk menangani kebocoran data dan membantu korporasi mematuhi UU PDP yang berlaku dengan lebih efektif," kata Julyanto.

Ia menjelaskan, kecanggihan ESE didukung oleh implementasi konsep end to end yang menyeluruh, menggunakan kunci manajemen standar dunia, yakni Hardware Security Module (HSM), Trusted Platform Module (TPM), atau OHSM (OnlineHSM).

Advertisement

Infografis Kejahatan Siber (/Abdillah)

Infografis Kejahatan Siber (/Abdillah)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya