Mengatasi Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah dengan 3 Bahan Alami, Bukan Hanya Menggunakan Aloe Vera

"Tumit kaki kering dan pecah-pecah bisa diatasi dengan menggunakan aloe vera dan tambahan 3 bahan alami lainnya. Pelajari cara membuat pelembap alami untuk mengatasi masalah ini."

Life | 17 April 2024, 21:14
Mengatasi Tumit Kaki Kering dan Pecah-pecah dengan 3 Bahan Alami, Bukan Hanya Menggunakan Aloe Vera

Tumit menjadi salah satu bagian kaki yang rentan kering dan pecah-pecah, sehingga cukup menganggu penampilan dan kenyamanan penderitanya. Banyak yang merasa kurang percaya diri untuk mengenakan sepatu heels, karena terganggu dengan tumit kaki yang kasar dan pecah-pecah. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah kurangnya kelembapan kulit pada area tumit kaki.

Tak hanya itu saja, ternyata ada beberapa faktor lain yang juga menjadi pemicu tumit kering dan pecah-pecah. Seperti paparan sinar matahari, angin kering, gesekan terhadap benda dan sepatu, serta cuaca dingin juga dapat menghilangkan kelembapan alami di area kulit tumit.

Kondisi ini bisa terjadi karena penggunaan pembersih dengan bahan kimia keras. Bisa juga karena pemakaian air dengan suhu yang terlalu panas, karena bisa menghilangkan minyak alami pada kulit.

Tumit yang kasar dan pecah-pecah memang tidak menimbulkan keluhan yang serius pada penderitanya. Namun, jika kondisi ini tak segera diatasi ada berbagai risiko kesehatan yang bisa dialami, seperti rasa tidak nyaman saat berjalan, nyeri pada area tumit, bahkan luka dan iritasi hingga terkadang berdarah.

Karena hal itu, tak heran banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi tumit kaki yang kering dan pecah-pecah-pecah. Mulai dari melakukan perawatan atau treatment di klinik kecantikan, menggunakan pelembap khusus, serta memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @healthbeautytips470 pada 28 Desember 2023, yang berisi tentang trik atasi tumit kaki kering dan pecah-pecah dengan aloe vera serta tambahan 3 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah petroleum jelly, perasan lemon, dan mustard oil.

Aloe vera gel dapat melembapkan tumit yang kering dan pecah-pecah. Aloe vera gel memang umum digunakan sebagai bahan pelembap alami untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan mengelupas. Ini berkat kandungan zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Antioksidan dan vitamin E di dalamnya juga efektif melembutkan kulit area tumit yang kering dan pecah-pecah.

Manfaat petroleum jelly untuk mengenyalkan tumit yang sangat kering. Petroleum jelly juga adalah pelembap alami yang dapat menjaga kekenyalan dan hidrasi kulit, sehingga terhindar dari kering dan pecah-pecah. Bahan alami itu juga berguna sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Dengan kata lain, petroleum jelly dapat mengurangi risiko pengelupasan kulit akibat kering sekaligus melunakkan kulit yang keras pada area tumit agar menjadi lembut dan kenyal bak kulit bayi.

Kandungan lemon untuk mengatasi tumit yang pecah-pecah. Lemon mengandung asam yang mampu melembapkan dan menghaluskan kulit. Buah satu ini juga mampu menyingkirkan sel kulit mati penyebab kulit kasar. Bahkan kandungan vitamin C di dalamnya juga dikenal mampu memperbaiki tekstur kulit sekaligus membantu regenerasi kulit agar lebih sehat dan lembap, seperti yang dilansir dari laman Healthline.

Mustard oil diklaim mampu mengatasi tumit yang kering hingga pecah-pecah. Mustard oil adalah salah satu jenis esensial oil yang penuh dengan kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin A, D, dan E. Selain memberi kelembapan, kandungan tersebut dapat menstimulasi proses regenerasi kulit yang lebih sehat dengan menutrisinya secara mendalam. Ini membuat minyak mustard dapat membantu mengatasi kerusakan pada kulit di area tumit agar terhindar dari kering dan pecah-pecah.

Mengandalkan bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat pelembap alami untuk mengatasi dan mengurangi tampilan tumit kasar dan pecah-pecah. Penggunaan yang rutin akan membuat tumit kaki jadi lebih halus dan kenyal. Yuk, simak cara membuat dan menggunakan berikut ini.

Bahan:
- 1 sendok teh petroleum jelly
- 1/2 buah perasan lemon
- 1 sendok teh mustard oil
- 1 sendok teh aloe vera gel

Cara membuat dan menggunakan:
1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Bersihkan kaki terlebih dahulu dari kotoran
4. Keringkan lalu aplikasikan pelembap buatanmu pada area tumit yang kering dan pecah-pecah secara menyeluruh
5. Gunakan kaus kaki lalu diamkan semalaman
6. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan tumit kaki yang lembut dan antipecah.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya