Waspada! Pengguna iPhone Harus Berhati-hati dengan Spyware Terbaru yang Mengintai Perangkat iOS

"Pengguna iPhone di Asia Selatan harus berhati-hati dengan spyware terbaru yang disebut LightSpy. Spyware ini menargetkan backdoor iOS dengan cara menyerang kelemahan sistem operasi perangkat Apple ter..."

Tech | 17 April 2024, 23:50
Waspada! Pengguna iPhone Harus Berhati-hati dengan Spyware Terbaru yang Mengintai Perangkat iOS

Pengguna iPhone patut waspada, karena baru-baru ini peneliti keamanan siber telah menemukan modus spionase siber baru. Menargetkan pengguna iPhone di Asia Selatan, pelaku kejahatan siber mengirim spyware implan iOS ke perangkat Apple yang disebut LightSpy.

Iterasi terbaru LightSpy, dijuluki 'F_Warehouse' memiliki framework modular dengan fitur mata-mata lebih luas. Laporan tersebut menyebutkan, ada bukti menunjukkan modus penyebaran spyware tersebut menargetkan pengguna iPhone di India. LightSpy sendiri pertama kali didokumentasikan pada tahun 2020 oleh Trend Micro dan Kaspersky.

Dijelaskan, spyware ini menargetkan backdoor iOS dengan cara menyerang kelemahan sistem operasi perangkat Apple tersebut melalui situs berita yang disusupi. ThreatFabric menjelaskan, infrastruktur dan fungsionalitas spyware iOS ini ternyata tumpang tindih antara malware dan spyware Android bernama DragonEgg. Tim peneliti mengatakan, spyware DragonEgg ini terkait dengan pelaku kejahatan disponsori pemerintah China, yaitu APT41 (Winnti). Masih belum diketahuo bagaimana spyware ini menyebar masif ke perangkat iOS, namun diduga program jahat ini menginfeksi lewat situs berita yang telah dibobol hacker dan sering dikunjungi target.

iPhone 16 Plus Bakal Hadir dengan 2 Pilihan Warna Baru

iPhone 16 Plus dirumorkan bakal memiliki dua pilihan warna baru, ketimbang dari lima warna generasi iPhone 15 non-pro yang sudah ada di pasaran saat ini. Bila benar, maka iPhone 16 Plus akan memiliki opsi warna dengan total 7 varian. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (12/4/2024), ketujuh warna iPhone 16 Plus, termasuk blue, pink, yellow, green, black, dan dua warna baru white dan purple. Diketahui, seri iPhone 15 dan iPhone 15 Plus menawarkan pilihan warna blue, pink, yellow, green dan black, dengan warna white dan purple tersedia untuk iPhone 16 Plus. Rumor ini datang dari media sosial Weibo dengan akun Fixed Focus Digital, dan langsung dilaporkan oleh akun Apple Hub di media sosial milik Elon Musk, yakni X. Sayangnya, akun di Weibo tersebut tidak memberikan informasi lengkap apakah dua pilihan warna tersebut juga akan hadir di iPhone 16 atau eksklusif di varian Plus.

iPhone 16 Plus Bakal Hadir dengan Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Selain itu, beredar kabar iPhone 16 Plus akan memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya yang dirilis tahun lalu (iPhone 15 Plus). iPhone seri Plus dijual sebagai opsi smartphone yang lebih murah ketimbang model Pro. Adapun iPhone 16 Plus ini memiliki baterai yang 9 persen lebih kecil ketimbang pendahulunya. Sebagai perbandingan, model iPhone 16 lainnya memiliki kapasitas daya yang 6 persen lebih besar. Bocoran ini berasal dari leaker OvO Baby Sauce OvO, yang sayangnya ia tidak memiliki track record akurat mengenai bocoran iPhone. Delam bocoran sebelumnya yang dilihat oleh MacRumors, mengungkapkan kapasitas baterai serupa. Juru bicara Apple tidak memberikan respon ketika dimintai komentar.

Kapasitas Baterai Lebih Kecil Tapi Lebih Efisien?

Detail bocoran iPhone 16 Plus memberikan sejumlah gambaran tentang bagaimana model iPhone 16 Plus tahun ini, ketimbang versi iPhone sebelumnya. Namun, rumor lain mengungkap baterai yang lebih efisien. Dengan peningkatan desain chip reguler dan fitur software-nya, daya tahan baterai dari iPhone 16 Plus mungkin tak berubah dibandingkan sebelumnya. Namun, pengamat industri teknologi cenderung melihat langkah Apple ini sebagai penurunan. Selain perubahan baterai dan layar, Apple dikabarkan menambahkan Action Button yang sebelumnya baru dihadirkan di iPhone 15 Pro sebagai pengganti dari mute switch. Apple juga dikabarkan akan mengembangkan teknologi kecerdasan yang terintegrasi dalam perangkat iPhone-nya. Dengan serangkaian upgrade software yang akan diumumkan di konferensi pengembang WWDC pada Juni mendatang. Sebelumnya di masa lalu Apple juga membuat progress dalam hal kecerdasan buatan, mulai dari tool edit photo yang lebih mumpuni dan stabilisasi video sebagai poin utama dari upgrade iPhone tahunannya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya