8 Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Mulai Lambat, Waspada Terhadap Virus

"Inilah 8 cara untuk mengatasi PC atau laptop yang mulai lambat dan waspadai virus. Temukan solusi yang tepat untuk memperbaiki kinerja perangkat Anda."

Tech | 18 April 2024, 01:52
8 Cara Mengatasi PC atau Laptop yang Mulai Lambat, Waspada Terhadap Virus

Ada banyak bagian yang bergerak di dalam PC atau laptop, beberapa berbasis fisik dan lainnya berbasis perangkat lunak. Karena itu, pada akhirnya perangkat akan mengalami kinerja yang lambat seiring waktu.

Masalah lemotnya perangkat bisa disebabkan sistem yang online terlalu lama tanpa restart atau shutdown, perangkat lunak memonopoli sumber daya sistem, atau terlalu banyak debu yang menumpuk di dalam casing, menyumbat kipas dan komponen. Berikut beberapa alasan mengapa PC kamu berjalan lambat, dan cara memperbaikinya.

1. Restart PC

Jika kamu tidak pernah mematikan PC, mungkin sudah waktunya untuk melakukannya. Sebuah sistem dapat beristirahat secara teratur dan disarankan untuk mematikan semuanya di malam hari. Mengizinkan perangkat keras dan sistem operasi melakukan boot ulang dapat memperbaiki apa pun yang mungkin menyebabkan kinerja sistem menjadi lambat. Mematikan PC akan menghapus semua cache memori. Cara ini tidak akan memakan waktu lama karena kamu bisa cepat me-reboot PC dengan pintasan keyboard.

2. Tutup beberapa tab browser

Peramban yang berjalan di latar belakang dapat menghabiskan banyak RAM, terutama dengan banyak tab terbuka. Bergantung pada apa yang kamu lakukan, kebiasaan ini dapat memengaruhi kinerja. Jika kamu sedang bermain game dan lupa menutup Google Chrome, periksa apakah itu menghabiskan semua RAM. Matikan dan kembali ke permainan.

3. Perbarui driver secara teratur

Driver memungkinkan sistem operasi untuk berkomunikasi dengan perangkat keras yang terhubung, termasuk prosesor dan kartu grafis. Segala sesuatu mulai dari pengontrol Bluetooth hingga mouse memerlukan driver dan jika tidak mutakhir, kamu dapat mengalami masalah yang menyebabkan ketidakstabilan sistem atau bahkan crash. Periksa untuk melihat apakah kamu menjalankan driver GPU versi terbaru? Jika tidak, perangkat kamu akan lemot atau bisa crash.

4. Periksa drive penyimpanan

Kehabisan ruang penyimpanan dapat berdampak serius pada kinerja sistem. Sebeb dengan menggunakan penyimpanan di atas 90% dari kapasitas yang tersedia akan memperlambat kinerja PC. Karena itu jika penyimpanan kamu hampir habis, usahakan untuk memutakhirkan atau memperluas drive dengan menghapus file atau aplikasi yan tidak kamu gunakan. Jika kamu masih menggunakan drive mekanis, pindah ke penyimpanan flash dapat memberikan peningkatan yang signifikan. Kamu juga bisa menggunakan penyimpanan SSD. Game dan perangkat lunak semakin besar dan begitu juga kebutuhan penyimpanan.

5. Hindari perangkat terlalu panas

Perangkat elektronik menghasilkan panas sebagai produk sampingan, termasuk PC atau laptop. CPU seringkali dapat menjadi komponen terpanas di dalam sasis dan tanpa pendinginan yang memadai, pelambatan termal akan terjadi. Sangat mudah untuk memeriksa apa yang menyebabkan hal ini, tetapi jika kamu melihat pelambatan termal, itu bisa jadi disebabkan pendinginan (kipas) atau PC yang berdebu.

6. Meningkatkan suku cadang

Meskipun komponen PC modern jauh lebih bertenaga daripada beberapa tahun sebelumnya, bahkan prosesor Intel Core i9 yang lebih lama pun harus berjuang untuk mengikuti perkembangan zaman. Catat spesifikasi PC kamu, termasuk CPU, GPU, RAM, motherboard, dan penyimpanan. Lihat berapa banyak generasi setiap komponen tersebut dan putuskan untuk meningkatkan ke komponen yang lebih baik dari generasi tersebut atau membeli komponen yang lebih baru. Memeriksa penggunaan komponen dalam game atau menjalankan perangkat lunak juga dapat memberikan wawasan tentang komponen mana yang menjadi penghambat.

7. Kurangi aplikasi dan program yang terinstal

Terlalu banyak program atau aplikasi yang dimulai saat Windows melakukan booting akan menyebabkan sistem terasa kurang responsif dari biasanya, terutama jika program ini menghabiskan sumber daya vital. Lihat apa yang muncul di samping Windows dan coba nonaktifkan beberapa, terutama daftar Windows yang memiliki dampak parah. Aplikasi latar belakang yang lebih berat seperti perangkat lunak anti-virus juga dapat menyebabkan masalah saat mencoba menjalankan tugas karena memerlukan semua inti dan utas.

8. Perbarui anti virus

Jika kamu sering mengunjungi situs web yang tidak memiliki kebijakan terbaik untuk menyaring iklan atau unduhan, perangkat kamu mungkin telah terinfeksi virus. PC memiliki perlindungan anti-virus yang baik tanpa perangkat lunak khusus, tetapi mungkin ada baiknya menjalankan alat untuk memeriksa apakah ada anti virusnya. Sebaiknya perbarui anti virus agar dapat menangkal berbagai jenis malware yang juga kerap memperbarui dirinya. Sebab, sangat mungkin anti virus PC kamu yang lama tidak cukup tangguh untuk menangkal serangan jenis virus baru.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya