Apakah Driver Ojol Boleh Mengantar Makanan Nonhalal? Temukan Penjelasan dari Gus Baha

"Gus Baha memberikan penjelasan mengenai hukum mengantar makanan nonhalal oleh driver ojol"

Life | 18 April 2024, 10:25
Apakah Driver Ojol Boleh Mengantar Makanan Nonhalal? Temukan Penjelasan dari Gus Baha

Ulama Tafsir dan Ahli Fiqih asal Kota Garam, Rembang yang merupakan murid kinasih Mbah Moen, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha pernah mendapatkan pertanyaan dari salah seorang jemaah perihal hukum mengantarkan makanan nonhalal atau tidak halal.

Dalam kondisi Indonesia sekarang, hal itu sangat mungkin terjadi. Sebab, kini banyak muslim yang menjadi driver transportasi online alias driver ojol.

Dalam kasus yang ditanyakan ini perihal yang mengantarkan makanan tersebut mengatahui bahwa makanan yang akan diantarkan tersebut bukan makanan halal.

“Kalau ada driver dapat orderan food, nganterin makanan tapi makanannya nonhalal, itu bagaimana hukumnya?” demikian pertanyaan seorang jemaah kepada Gus Baha dikutip dari tayangan YouTube Santri Indonesia, Senin (15/04/2024).

Menjawab pertanyaan tersebut, Gus Baha menuturkan bahwa hal tersebut merupakan bagian dari PR di semua profesi.

“Makanya itu tadi, itu memang PR kita di semua profesi, saya ulangi lagi itu PR kita di semua profesi,” jawab Gus Baha mengawali pembahasannya.

Menolong Maksiat Bagian dari Maksiat

Menjawab persoalan tersebut Gus Baha menekankan pentingnya istighfar yakni mengucapkan lafal astaghfirullahal ‘adzim yang artinya aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung.

“Jadi, ya makanya itu pentingnya istighfar itu di situ tuh, sudah kita sebagai ulama menghalalkan gak mungkin, mengharamkan kamu juga demo, ini pekerjaan tapi yang jelas itu ndak bisa dihindari,” terangnya.

Lantas ia mengemukakan kaidah umum berkaitan dengan permasalahan tersebut yakni menolong maksiat bagian dari maksiat dan menolong taan bagian dari ketaatan itu sendiri. Artinya, jika mengantarkan makanan yang sudah tahu jelas keharamannya, maka hukumnya haram sebab merupakan bagian dari kemaksiatan itu sendiri.

“Makanya tadi saya bicara tentang fikih, kaidah umumnya menolong maksiat bagian dari maksiat, menolong taat bagian dari taat, mau gak mau harus ada hukumnya, setidaknya barokahnya tahu hukum kalau kita salah mau istighfar gitu, sudah salah gak merasa salah,” paparnya.

Ini Berkahnya Mengerti Hukum: Istighfar

Paling tidak, menurut Gus Baha jika mengerti hukum banyak sekali keberkahannya. Jadi, tahu kalau yang ia lakukan itu khilaf atau salah, maka bersedia beristighfar.

“Jadi barokahnya tahu hukum itu paling gak kan kita ya istigfarlah,” terangnya.

“Kan ya tadi seperti paket, misalnya kan ada saja orang paket yang jelas-jelas barangnya itu haram tapi atas nama profesionalitas kan mungkin tetap dikirimkan, tapi barokahnya ngerti hukum dia istigfar,” sambungnya.

“Nah tapi karena kalau kita menyarankan, sudah gak usah, pekerjaan yang lain banyak nanti, kan muka-muka bukan potongan tawakal dikandani ngono kan ya repot,”

“Nah kalau kita Kiai, Gus tidak apa-apa Allah Maha Kaya, terus kalian nuntut, Gus saya karena fatwa anda, saya sekarang miskin bagaimana pertanggungjawabannya, ribet kan,”

Gus Baha juga mengatakan bahwa hal ini merupakan salah satu seni dalam mengelola kehidupan. Makanya penting berdoa untuk memperoleh ampunan Allah SWT karena di semua sisi kehidupan termasuk di semua pekerjaan, pasti terdapat unsur tidak benarnya.

“Tapi saya ulang lagi, itu seninya ngelola kehidupan semuanya seperti itu, jadi makanya kita enggak pernah berhenti berdoa rabbana dzolamna anfusana, karena dalam sisi semua hidup kita itu pasti ada unsur enggak benarnya gitu,” katanya.

Ia kembali mengulangi kaidah umum yang telah ia ungkapkan dimuka berkaitan dengan permasalahan tersebut, yakni menolong kemaksiatan, maka kita bagian dari kemaksiatan dan menolong ketaatan menjadikan kita termasuk bagian dari kemaksiatan tadi.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya