Xiaomi Siap Meluncurkan Smart Ring dengan Daya Tahan Baterai hingga 180 Hari

"Xiaomi dikabarkan akan merilis smart ring alias cincin pintar dengan daya tahan baterai yang luar biasa hingga 180 hari. Cincin ini hadir dengan desain ramping, fitur pemantauan kesehatan yang lengkap..."

Tech | 18 April 2024, 15:49
Xiaomi Siap Meluncurkan Smart Ring dengan Daya Tahan Baterai hingga 180 Hari

Xiaomi dikabarkan akan merilis smart ring alias cincin pintar. Cincin ini akan jadi perangkat wearable dengan daya tahan hingga 180 hari.

Dikutip dari GizChina, divisi gaming Xiaomi, Black Shark, akan merilis Black Shark Ring yang ditujukan bagi para gamer.

Black Shark Ring menawarkan desain yang ramping dan nyaman. Dengan ketebalan hanya 2,2 mm, dijanjikan perangkat ini tidak akan mengganggu jari saat beraktivitas.

Cincin ini hadir dalam dua pilihan warna: perak dan hitam dengan aksen merah. Menariknya, desainnya menyertakan garis hitam menonjol di bagian luar, yang hadir dengan fitur “Smart Touch” yang jadi daya tarik dari Black Shark Ring.

Smart Touch akan menawarkan kontrol berbasis gerakan untuk berinteraksi dengan smartphone atau perangkat lain yang terkoneksi.

Black Shark menjanjikan cincin pintar ini sebagai alat pelacakan kesehatan yang lengkap. Pengguna akan bisa memantau detak jantung, saturasi oksigen dalam darah, dan suhu tubuh.

Data kesehatan yang diperoleh untuk memantau tingkat kebugaran, melihat kualitas tidur, dan menambah wawasan tentang kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Black Shark menyebutkan cincin ini memiliki ketahanan air. Namun, perusahaan belum mengungkapkan tingkat ketahanan air secara spesifik.

Keunggulan yang ditonjolkan oleh Black Shark Ring adalah ketahanan baterai. Mereka mengklaim, cincin tersebut dapat bertahan hingga 180 hari dengan sekali pengisian daya dan casing pengisi daya yang disertakan.

Meskipun Black Shark belum mengungkapkan informasi harga resmi atau tanggal rilis, cincin ini diperkirakan akan memiliki banderol harga yang kompetitif.

Dengan desain ramping, fitur pemantauan kesehatan dan daya tahan baterai yang lama, Black Shark Ring berpotensi menjadi pilihan menarik bagi para konsumen yang sadar akan kesehatan.

Sementara itu, Samsung memperkenalkan cincin pintar Galaxy Ring di MWC 2024 Barcelona. Mengutip Engadget, Samsung Galaxy Ring bakal hadir dalam tiga pilihan warna, perak platinum, emas, dan hitam keramik.

Disebutkan, Samsung bakal mulai menjual Galaxy Ring ini pada akhir tahun ini. Sesuai rumor sebelumnya, perangkat ini akan berpusat pada kesehatan dan kebugaran.

Beberapa gambar tambahan dari Samsung menunjukkan, perangkat ini memiliki desain cincin cekung dan tebal--seperti Oura Ring.

Ketebalan cintin ini tidak mengejutkan, mengingat perusahaan harus memasukkan sejumlah perangkat elektronik di dalamnya.

Meski tertanam sejumlah perangkat dan sensor di dalamnya, The Verge mencatat, cincin pintar ini lebih ringan dari yang diduga.

Samsung tampaknya bakal menyediakan beberapa ukuran cincin pintarnya ini, mulai dari 5 hingga 13 dengan tanda S hingga XL di bodi cincin.

Dilansir, The Verge, ukuran baterai dan masa pakai akan bervariasi tergantung ukuran Galaxy Ring, mulai dari 14,5mAh hingga 21,5mAh.

Menurut blog VP Samsung Dr. Hon Pak, cincin tersebut bakal mampu melacak tidur berdasarkan detak jantung, gerakan, dan pernapasan, kemudian memberikan saran kepada pengguna berdasarkan hal tersebut.

Galaxy Ring juga akan menawarkan fitur baru bernama My Vitality Score, berfungsi mengukur kewaspadaan sehingga pengguna dapat melihat apakah mereka dalam kondisi terbaik.

Feedback akan tersedia melalui "Booster Cards" menawarkan tips berbasis sains tentang tidur, dan data lain dikumpulkan oleh perangkat.

Galaxy Ring akan menjadi bagian dari ekosistem Samsung Health dan kompatibel dengan Galaxy Watch.

Ini berarti, pengguna dapat pakai kedua perangkat sekaligus untuk memantau kesehatan dan mendapatkan data berkualitas lebih tinggi.

Dalam gelaran Galaxy Unpacked 2024, Samsung tak cuma meluncurkan lini Galaxy S24 Series, namun juga memberikan teaser mengenai kehadiran Galaxy Ring.

Dalam acara yang diselenggarakan di San Jose, Amerika Serikat pada Rabu (17/1/2024) waktu setempat itu, Samsung menyebut Galaxy Ring sebagai perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses.

Pengumuman mengenai Galaxy Ring ini disampaikan oleh Dr. Matthew Wiggins, Clinical Research Scientist di Samsung Research, usai mempresentasikan tentang dukungan Galaxy AI untuk Samsung Health.

Wiggins mengatakan, Samsung Galaxy Ring adalah "perangkat kesehatan dan kebugaran yang kuat dan mudah diakses," yang hadir "untuk mengubah bentuk kesehatan masa depan seperti yang hanya bisa dilakukan Samsung."

Samsung memang belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai kapan cincin pintar ini diluncurkan, atau berapa harganya, meski kabarnya, mereka akan hadir tahun ini.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya