Cara Mudah Mengatasi Wajah Kusam Berflek Hitam Menjadi Glowing dengan 2 Bahan Dapur Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Uang

"Mengatasi wajah kusam berflek hitam menjadi glowing dengan menggunakan 2 bahan dapur secara alami dan efektif. Dapatkan kulit cerah dan merata tanpa perlu menghabiskan banyak uang."

Life | 19 April 2024, 16:41
Cara Mudah Mengatasi Wajah Kusam Berflek Hitam Menjadi Glowing dengan 2 Bahan Dapur Tanpa Harus Mengeluarkan Banyak Uang

Memiliki wajah yang cerah merata dan glowing memang dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Namun sayangnya, banyak faktor yang justru membuat orang sulit mendapatkan kulit yang cerah dan glowing. Seperti paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, sel kulit mati yang menumpuk, hingga gaya hidup tak sehat dapat membuat kulit tampak kusam dan muncul flek hitam.

Flek hitam disebabkan karena terjadinya pigmentasi kulit secara berlebihan atau dikenal dengan istilah hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi terjadi ketika sel melanosit memproduksi melanin terlalu banyak di kulit. Melanin sendiri adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, mata, serta rambut.

Semakin banyak paparan sinar matahari, maka produksi melanin juga akan meningkat. Ini merupakan upaya alami kulit untuk melindungi diri dari efek buruk sinar matahari. Melanin yang berlebih inilah yang akan membuat bintik-bintik hitam kecokelatan di permukaan kulit, sehingga membuat kulit jadi tampak kusam dan memiliki warna tidak merata.

Wajah yang kusam akan terlihat tidak sehat dan tampak lebih tua. Itulah kenapa banyak orang yang ingin kulitnya menjadi lebih cerah. Tak sedikit yang rela melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga membeli berbagai produk skincare khusus untuk mengatasi flek hitam dan wajah kusam.

Salah satu produk skincare yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi wajah kusam akibat flek hitam adalah scrub wajah. Di pasaran sudah banyak produk scrub yang diformulasikan untuk mengatasi berbagai masalah kulit wajah, bahkan dengan harga yang relatif mahal. Padahal ada cara yang tak kalah efektif dan lebih ramah di kantong untuk bikin wajah cerah dan glowing lho. Yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @shas_organic pada 31 Desember 2023, yang berisi tentang cara atasi wajah kusam berflek hitam jadi glowing cuma butuh 2 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kopi dan madu.

Kandungan bubuk kopi untuk mengatasi flek hitam penyebab wajah kusam.

Dikenal sebagai bahan minuman yang ampuh mencegah kantuk, kopi ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan kulit lho. Di antaranya adalah mengatasi flek hitam dan bikin wajah cerah merata. Kopi merupakan eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memudarkan flek hitam membandel di wajah. Ini berkat kandungan sulfur di dalamnya.

Kopi juga mengandung antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang berperan untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Nah, menggunakan kopi sebagai masker wajah akan membuat wajah jadi terlihat lebih cerah, glowing, dan bebas kusam.

Manfaat madu untuk bikin wajah glowing dan bebas flek hitam.

Kandungan gula yang tinggi pada madu dipercaya dapat berperan sebagai eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, termasuk mengatasi flek hitam, masalah kulit kering, hingga kulit yang tampak kusam dan gelap.

Dilansir dari Healthline, madu murni memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit, terutama jika kamu memiliki jerawat dan flek hitam, serta kondisi kulit eksim. Madu juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang berperan aktif mencegah terjadinya kerusakan pada kulit, termasuk dari bahaya sinar matahari yang menjadi pemicu kulit kusam dan munculnya flek hitam.

Cukup dengan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif untuk mengatasi wajah kusam akibat flek hitam. Bahkan dengan penggunaan yang rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang glowing, lembap, dan kenyal secara alami. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

Bahan:

- 1 sendok teh bubuk kopi
- 1 sendok makan madu murni

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya