Pantau Aktifitas Gunung Awu, Badan Geologi Terkejut dengan Erupsi Gunung Ruang

"Badan Geologi memantau aktivitas Gunung Awu yang berdekatan dengan Gunung Ruang. Terjadi erupsi di Gunung Ruang yang tidak terduga."

Tech | 19 April 2024, 17:32

Kepala Tim Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Heruningtyas mengatakan Gunung Awu yang letaknya berdekatan dengan Gunung Ruang saat ini dalam pantauan ketat Badan Geologi. Mereka tidak menyangka akan terjadi erupsi lebih dulu di Gunung Ruang. Ada dua gunung lain yang berdekatan dengan Gunung Ruang, yaitu Gunung Karangetan dan Gunung Awu. Gunung Ruang, Gunung Karangetang, dan Gunung Awu letaknya berentetan di ujung utara Pulau Sulawesi. Saat erupsi Gunung Ruang, kondisi Gunung Karangetang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Namun, aktivitas Gunung Awu mengalami peningkatan. Badan Geologi telah menaikkan status aktivitas Gunung Awu menjadi Level III atau Siaga dengan radius sterilisasi 5 kilometer dari puncak Gunung Awu. Aktivitas Gunung Awu dalam dua pekan terakhir mengalami peningkatan gempa vulkanik dan deformasi, menunjukkan kemungkinan terjadinya erupsi eksplosif yang besar.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya