Pantau Aktifitas Gunung Awu, Badan Geologi Terkejut dengan Erupsi Gunung Ruang

"Badan Geologi memantau aktivitas Gunung Awu yang berdekatan dengan Gunung Ruang. Terjadi erupsi di Gunung Ruang yang tidak terduga."

Tech | 19 April 2024, 17:32

Kepala Tim Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Heruningtyas mengatakan Gunung Awu yang letaknya berdekatan dengan Gunung Ruang saat ini dalam pantauan ketat Badan Geologi. Mereka tidak menyangka akan terjadi erupsi lebih dulu di Gunung Ruang. Ada dua gunung lain yang berdekatan dengan Gunung Ruang, yaitu Gunung Karangetan dan Gunung Awu. Gunung Ruang, Gunung Karangetang, dan Gunung Awu letaknya berentetan di ujung utara Pulau Sulawesi. Saat erupsi Gunung Ruang, kondisi Gunung Karangetang tidak mengalami perubahan yang signifikan. Namun, aktivitas Gunung Awu mengalami peningkatan. Badan Geologi telah menaikkan status aktivitas Gunung Awu menjadi Level III atau Siaga dengan radius sterilisasi 5 kilometer dari puncak Gunung Awu. Aktivitas Gunung Awu dalam dua pekan terakhir mengalami peningkatan gempa vulkanik dan deformasi, menunjukkan kemungkinan terjadinya erupsi eksplosif yang besar.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya