Cara Menghilangkan Kerutan di Tangan dengan Menggunakan Satu Jenis Tanaman: Tips dari Beauty Vlogger

"Kerutan di tangan adalah tanda penuaan yang sulit dihindari. Artikel ini memberikan tips menggunakan satu jenis tanaman untuk menghilangkan kerutan di tangan. Dapatkan informasi lengkapnya di sini."

Life | 20 April 2024, 04:41
Cara Menghilangkan Kerutan di Tangan dengan Menggunakan Satu Jenis Tanaman: Tips dari Beauty Vlogger

Kerutan yang muncul di tangan menjadi salah satu tanda penuaan yang sulit dihindari. Penuaan alami ini terjadi seiring bertambahnya usia yang membuat produksi kolagen dan elastin menurun. Hal ini menyebabkan kulit kehilangan kekenyalannya dan menjadi lebih rentan terhadap kerutan.

Tidak hanya terjadi karena penuaan alami, kerutan juga bisa lebih cepat muncul karena kulit yang terpapar sinar matahari berlebihan. Sudah menjadi pengetahuan umum jika matahari ini mengandung sinar UV. Sinar UV jika mengenai kulit secara langsung bisa merusak kolagen dan elastin di dalam kulit. Proses tersebut menyebabkan kerusakan struktural pada kulit dan membuat kerutan lebih cepat muncul.

Kerutan di tangan juga bisa muncul karena kondisi kulit yang kering. Biasanya terjadi akibat kurangnya perawatan pada kulit, seperti tidak menggunakan pelembap dan memakai sunscreen. Untuk mencegah kerutan di tangan muncul, banyak orang yang mengandalkan body lotion. Memang body lotion bikin kulit kamu jadi lebih halus dan bebas kerutan.

Namun penggunaan body lotion secara terus menerus bisa membuat produk ini cepat habis. Tak hanya itu, harga body lotion juga semakin mahal. Agar dompet kamu aman dan body lotion awet, kamu bisa mengimbangi dengan perawatan topikal. Sama seperti yang dilakukan pengguna beauty vlogger Kichi Beauty.

Dalam unggahan video di kanal YouTubenya, ia memanfaatkan satu jenis tanaman yaitu gel lidah buaya. Lantas bahan tersebut dikombinasikan dengan petroleum jelly, minyak kelapa, susu murni, dan baking soda. Gel lidah buaya mengandung banyak air dan zat-zat yang membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga membantu mengurangi penampilan kerutan. Kandungan antioksidan dalam lidah buaya juga membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen, yang penting untuk kulit yang lebih muda dan kencang.

Petroleum jelly membentuk lapisan pelindung di atas kulit, membantu menjaga kelembapan alami kulit dan melindungi dari faktor-faktor lingkungan yang dapat mempercepat penuaan. Sifat penyembuhan petroleum jelly membantu mengurangi iritasi dan meredakan kulit kering, serta membantu mengurangi penampilan kerutan.

Minyak kelapa mengandung asam lemak sehat yang membantu melembapkan dan memperkuat lapisan pelindung kulit, mengurangi kerutan dan membuat kulit tampak lebih muda. Kandungan antiinflamasi dalam minyak kelapa membantu mengurangi peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan kerutan.

Sementara itu, adanya asam laktat dalam susu membantu mengelupaskan lapisan kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel baru, membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Susu juga mengandung protein dan lemak yang membantu menjaga kelembapan kulit, serta mengurangi penampilan garis-garis halus.

Baking soda memiliki sifat eksfoliasi yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan menjaga kulit tetap segar dan muda. Sifat antiinflamasi pada baking soda membantu mengurangi kemerahan dan iritasi.

Lantas bagaimana cara mengolah bahan-bahan di atas untuk menghilangkan kerutan di tangan? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi yang dibagikan oleh YouTuber @Kichibeauty, Jumat (19/4).

Bahan:

  • 1 sendok makan petroleum jelly
  • 1 sendok makan gel lidah buaya
  • 1 sendok makan minyak kelapa
  • 1 cup susu murni
  • 1 sendok teh baking soda

Cara membuat:

  1. Masukkan petroleum jelly ke dalam mangkuk
  2. Aduk hingga berubah warna seperti krim
  3. Tambahkan gel lidah buaya dan minyak kelapa
  4. Tuangkan susu murni
  5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
  6. Tambahkan baking soda dan aduk kembali
  7. Masukkan mangkuk ke dalam panci dan panaskan dengan teknik double boiler
  8. Aduk-aduk hingga cair dan angkat
  9. Tunggu hingga dingin dan masker tangan siap digunakan

Cara menggunakan:

  1. Usapkan masker ke seluruh tangan
  2. Gosok-gosok secara perlahan
  3. Tutup tangan beberapa saat dengan menggunakan glove (sarung tangan)
  4. Diamkan selama 15 menit
  5. Lepas sarung tangan dan bilas menggunakan air biasa
  6. Keringkan menggunakan tisu
  7. Dengan begitu kulit tangan terasa halus, bebas kerutan, dan tampak cerah
  8. Gunakan trik ini secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu

Lidah buaya bisa bikin kulit jadi glowing. Tidak hanya mampu mengatasi kerutan di tangan, lidah buaya juga dipercaya ampuh mencerahkan kulit. Dilansir dari bebeautiful.in, Jumat (19/4) lidah buaya mengandung asam salisilat, yang merupakan bahan kimia alami dengan sifat pemutih yang efektif. Asam salisilat dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga kulit tampak lebih cerah dan bersinar. Selain itu, gel lidah buaya mengandung vitamin C, antioksidan yang kuat yang membantu merangsang produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV dan radikal bebas. Sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap cerah dan merata.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya