Peringatan! Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Daerah hingga 21 April 2024

"BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem di beberapa daerah Indonesia hingga 21 April 2024. Peringatan ini mencakup banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jal..."

Life | 23 April 2024, 11:35
Peringatan! Potensi Cuaca Ekstrem di Beberapa Daerah hingga 21 April 2024

Jakarta, - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya hingga 21 April 2024 mendatang.

Dalam rentang waktu itu, BMKG memprediksi berpotensi terjadinya bencana alam yang diakibatkan cuaca ekstrem. Di antaranya banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan licin.

BMKG menyebut beberapa daerah yang cukup berpotensi terjadinya cuca ekstrem adalah sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan bagian tengah hingga utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. Sejumlah wilayah ini diprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto menyampaikan, kondisi ini dipicu oleh aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer, antara lain aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial yang diprakirakan aktif di beberapa wilayah tersebut.

Selain itu, gelombang atmosfer Kelvin yang diprakirakan aktif di wilayah Sumatra dalam sepekan ke depan dapat memicu adanya potensi pertumbuhan awan hujan.

Hal lain yang menjadi pemicu terjadinya cuaca ekstrem seperti labilitas atmosfer pada skala lokal yang terpantau masih cukup kuat juga mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia.

"Kombinasi pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprakirakan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang," ujar Guswanto, sebagaimana dalam keterangan di laman resmi BMKG, dikutip , Rabu (17/4/2024).

Sementara itu, Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhan meminta para pemudik yang hendak menempuh perjalanan arus balik agar lebih berhati-hati dan selalu memantau perkembangan informasi cuaca.

"Maka dari itu, khusus kepada pemudik yang akan kembali ke perantauan untuk berhati-hati dan senantiasa waspada. Ikuti arahan dan imbauan pemerintah," tambahnya.

Ia juga meminta masyarakat yang bertempat tinggal di daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 29 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya