Cara Menghindari Kehilangan Email Setelah Google Menghapus Gmail

"Google akan menghapus akun Gmail yang tidak aktif kurang dari dua tahun. Pelajari cara menghindari kehilangan email Anda dengan mempertahankan akun Gmail Anda."

Tech | 24 April 2024, 01:52
Cara Menghindari Kehilangan Email Setelah Google Menghapus Gmail

Jakarta - Google akan menghapus akun Gmail yang sudah tidak digunakan kurang dari dua tahun. Langka Ini berbeda dengan pengumuman dari Google akhir tahun lalu.

Saat itu, Google menyatakan akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus. Perlindungan dari pencurian data dan kejahatan siber jadi alasan kebijakan itu.

Namun hal berbeda ditemukan seorang jurnalis bernama Dave Winder. Dalam laporan Mirror bulan Februari, dia mengungkapkan akunnya tidak digunakan selama 8 bulan juga terancam dihapus Google.

"Anda menerima pesan ini karena akun Google Anda tidak digunakan selama 8 bulan," tulis pesan Google yang diterima Winder.

Pesan itu juga menuliskan cara Winder mempertahankan akunnya. Yakni dengan masuk ke akun sebelum 20 September 2024.

Pesan dari Google itu diterima Winder pada Januari 2024. Artinya dia punya waktu sekitar 16 bulan sebelum akunnya benar-benar akun dihapus oleh Google, kurang dari 24 bulan yang diumumkan Google sebelumnya.

"Jika Anda ingin mempertahankan akun Google, sign in sebelum 20 September 2024, Google akun menghapus Akun Google dan data aktivitasnya," tulis Google.

Mirror saat itu juga menuliskan banyak orang yang mengalami kejadian serupa. Jadi nampaknya kejadian yang dialami Winder bukanlah kejadian yang tidak disengaja.

Jika Anda memiliki akun yang tidak aktif dalam jangka waktu tersebut, berikut cara mempertahankan agar tidak dihapus Google:

  1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email
  2. Gunakan Google Drive
  3. Pakai untuk menonton video YouTube
  4. Unduh aplikasi di Google Play Store
  5. Menggunakan Google Search untuk browsing
  6. Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga
  7. Selain itu, Anda bisa menggunakan akun Google untuk berlangganan Google One, publikasi berita, atau aplikasi
  8. Selama Anda menggunakan akun Google untuk berlangganan, akun Google dianggap aktif
  9. Selain itu, Anda bisa masuk ke Google Photos setiap 2 tahun untuk dianggap aktif.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya