Tips dan Trik Menulis Prompt AI Agar Hasilnya Akurat Sesuai dengan Keinginan Anda

"Menulis prompt AI dengan tepat adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang akurat sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam menulis prompt AI..."

Tech | 25 April 2024, 05:49
Tips dan Trik Menulis Prompt AI Agar Hasilnya Akurat Sesuai dengan Keinginan Anda

Mungkin banyak dari kamu berpikir untuk menghasilkan gambar AI cukup dengan mengetik beberapa teks dan menekan Enter. Tetapi faktanya tidak demikian. Jika kamu menginginkan gambar yang akurat sesuai keinginan, membuat prompt dengan benar sangatlah penting. Tapi itu tidak selalu mudah.

Seberapa spesifik seharusnya petunjuk yang kamu masukkan? Informasi apa yang harus kamu sertakan? Lalu, bagaimana kamu meminta data dalam format? Berikut beberapa tips dan trik memberikan petunjuk pada prompt AI agar menghasilkan gambar yang akurat.

Masukkan informasi petunjuk secara spesifik

Salah satu kesalahan memasukkan prompt AI adalah informasi yang kamu berikan tidak spesifik. Hal ini juga menjadi masalah saat menggunakan Microsoft Copilot dan alat AI lainnya. Jika ingin agar AI memberikan hasil yang lebih akurat, kamu harus mendeskripsikan dengan tepat, apa yang kamu inginkan.

Misalnya, kamu ingin membuat gambar seorang anak perempuan sedang bermain alat musik, maka harus dimasukkan informasi secara spesifik. Misalnya, Hasilkan gambar realistis seorang remaja perempuan sedang memainkan biola di ruang kelas, latar belakang jendela sekolah, dengan pemandangan taman bunga.

Dengan petunjuk seperti di atas, kamu akan mendapatkan gambar yang sesuai keinginan seperti di atas. Semakin banyak konteks atau informasi yang kamu berikan pada alat AI, semakin baik respons yang akan kamu terima.

Unggah gambar atau file jika tersedia

Mengunggah gambar atau file seringkali akan membuat perintah AI jauh lebih efektif. Misalnya, jika kamu ingin membuat resume satu halaman dengan AI, ada baiknya mengunggah PDF yang ada dan mendapatkan umpan balik. Kamu dapat menggunakan beberapa plugin untuk mendapatkan respons yang lebih baik, terutama jika kamu menggunakan ChatGPT. Salah satu contohnya adalah Resume oleh jobbright.ai.

Jika kamu menggunakan AI untuk membuat karya seni, sebaiknya unggah juga gambar yang dapat digunakan alat AI sebagai contoh. Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan AI Foto atau alat serupa untuk memotret diri sendiri, mengunggah selfie, headshot, dan gambar lainnya akan membantu kamu mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Jangan membuat AI melakukan banyak tugas

Menghindari kesalahan umum saat menggunakan alat AI tidak selalu mudah, tetapi salah satu masalah utama yang biasa ditemui adalah mencoba membuat alat tersebut melakukan banyak tugas. Program AI sering kali akan membuat hasil dari permintaan kamu dalam beberapa menit, tetapi alat AI hanya dapat melakukan satu hal dalam satu waktu. Jika kamu mencoba menanyakan terlalu banyak hal sekaligus, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Terkadang, kamu akan memulai prompt dan menyadari lupa menambahkan informasi lebih lanjut. Saat ini terjadi, hentikan atau edit prompt saat ini dan sertakan detail tersebut sebelum membuat ulang.

Setelah menerima satu hasil prompt, kamu dapat melanjutkan ke prompt berikutnya hingga kamu puas dengan hasilnya. Melakukan berbagai hal dengan cara ini mungkin tampak lebih memakan waktu, tetapi tugas tunggal sering kali meningkatkan produktivitas, dan hal yang sama juga berlaku untuk AI kamu.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya