Tips Menghemat Baterai iPhone saat Traveling dengan Mode Daya Rendah

"Cara mengaktifkan Mode Daya Rendah secara permanen pada iPhone untuk menghemat baterai saat traveling"

Tech | 25 April 2024, 08:45
Tips Menghemat Baterai iPhone saat Traveling dengan Mode Daya Rendah

iPhone memiliki fitur Mode Daya Rendah yang berguna untuk membantu menghemat baterai. Namun ketika mode ini diaktifkan maka beberapa fitur mungkin tidak akan berfungsi. Nah biasanya, iPhone kamu secara otomatis akan keluar dari Mode Daya Rendah, setelah kamu mengisi dayanya hingga 80 persen. Namun jika kamu ingin tetap mengaktifkan mode ini sepanjang waktu demi ketahanan daya baterai, kamu bisa melakukannya melalui pengaturan atau menggunakan aplikasi Shortcuts sebagai solusi. Begini caranya.

Aktifkan Mode Daya Rendah secara permanen

Mode daya rendah bisa diaktifkan melalui Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah dengan menggeser sakelar hingga berwarna hijau. Selain itu mode ini juga dapat diaktifkan melalui aplikasi Shortcuts.

Shortcuts adalah aplikasi iOS bawaan yang menyederhanakan melakukan berbagai tugas di iPhone. Kamu dapat menggunakannya untuk membuat pintasan yang memungkinkan kamu menjaga iPhone dalam Mode Daya Rendah sepanjang waktu. Inilah yang perlu kamu lakukan.

1. Buka app Shortcuts, buka tab Shortcuts, dan ketuk ikon plus (+) di pojok kanan atas untuk membuat pintasan baru.

2. Ketuk tombol Tambah Tindakan dan cari Setel Mode Daya Rendah. Pilih untuk menambahkan tindakan ke pintasan kamu.

3. Pastikan tindakan Mode Daya Rendah diatur ke Aktif.

4. Ketuk teks Setel Mode Daya Rendah di bagian atas dan pilih Ganti Nama untuk mengubah nama pintasan.

5. Ketuk Selesai di pojok kanan atas untuk menyimpan perubahan yang kamu lakukan.

Setelah membuat pintasan iPhone, kamu akan melihatnya di tab Pintasan di aplikasi Shortcuts. Ketuk pintasan untuk menjalankannya, dan iPhone kamu akan beralih ke Mode Daya Rendah secara permanen. Ini berarti Mode Daya Rendah akan tetap menyala saat baterai melebihi 80% ketika mengisi daya. Selain itu, iPhone kamu akan tetap dalam Mode Daya Rendah bahkan setelah kamu memulai ulang.

Namun, jika diperlukan, kamu masih dapat mematikan Mode Daya Rendah di iPhone dari Pusat Kontrol. Jika ingin menghapus pintasan, cari di aplikasi Shortcuts, tekan lama, dan pilih Hapus dari menu konteks. Tekan Hapus Pintasan saat diminta untuk mengonfirmasi.

Meskipun Mode Daya Rendah menonaktifkan banyak fitur dan tugas latar belakang di iPhone, ada skenario di mana kamu masih ingin iPhone tetap dalam Mode Daya Rendah secara permanen. Misalnya, saat kamu bepergian ke suatu tempat dan tidak yakin akan mendapat kesempatan untuk mengisi daya iPhone.

Demikian pula, membuat iPhone dalam Mode Daya Rendah sepanjang waktu dapat membantu saat kamu menggunakan roaming data di negara asing, karena ini akan mencegah aplikasi di iPhone menyegarkan di latar belakang dan, pada gilirannya, mengurangi penggunaan data.

Alasan membiarkan Mode Daya Rendah menyala secara permanen

Mode Daya Rendah tidak memengaruhi perangkat kecuali kamu terus-menerus membutuhkan aplikasi latar belakang untuk disegarkan. Misalnya, kamu tidak akan mendapatkan pemberitahuan email baru jika Mode Daya Rendah diaktifkan, tetapi kamu masih dapat membaca email baru dengan membuka aplikasi Mail.

Jika ingin menggunakan semua fitur yang ditawarkan iPhone, tidak disarankan untuk selalu mengaktifkan Mode Daya Rendah. Namun, jika kamu lebih memerhatikan masa pakai baterai, membiarkannya menyala akan memberi daya tahan baterai yang lebih baik.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya