Mengapa Voyager 1 Kehilangan Kontak di Antariksa Menurut NASA

"Temukan penyebab hilangnya kontak Voyager 1 di antariksa menurut NASA dan bagaimana masalah tersebut berhasil diatasi."

Tech | 27 April 2024, 14:42
Mengapa Voyager 1 Kehilangan Kontak di Antariksa Menurut NASA

Pesawat ruang angkasa milik NASA, Voyager 1, akhirnya memberikan kabar ke Bumi setelah hilang kontak selama 5 bulan. Menurut temuan tim engineer Voyager di fasilitas Jet Propulsion Laboratory milik NASA, masalah terletak pada salah satu komputer di dalam pesawat yang dinamai Flight Data Subsystem (FDS). Setelah mendeteksi masalahnya, tim berhasil memindahkan kode chip yang bermasalah ke bagian lain pada FDS. Kini, sinyal dan data dari Voyager 1 dapat dikirim kembali ke Bumi untuk analisa lebih lanjut terkait ruang interstellar.

Voyager 1 dan Voyager 2 merupakan pesawat ruang angkasa satu-satunya yang mengudara di ruang interstellar di luar Tata Surya. Meskipun hilang kontak, Voyager 1 masih menerima perintah dan beroperasi secara normal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya