Rahasia Awet Muda di Usia 60-an: Trik Membuat Minuman Kolagen dengan 2 Jenis Buah Tanpa Produk Instan

"Ingin tahu rahasia awet muda di usia 60-an? Simak trik membuat minuman kolagen dengan 2 jenis buah tanpa produk instan yang bisa kamu coba!"

Life | 01 May 2024, 12:11
Rahasia Awet Muda di Usia 60-an: Trik Membuat Minuman Kolagen dengan 2 Jenis Buah Tanpa Produk Instan

Salah satu kunci jika ingin memiliki kulit sehat, kencang, dan cerah memang tak hanya mengandalkan perawatan luar, namun kamu juga bisa mengimbanginya dengan perawatan dari dalam. Yaitu mengonsumsi makanan atau minuman kolagen.

Kolagen merupakan sebuah struktur protein yang sudah ada di dalam tubuh manusia. Kegunaan kolagen yakni menjaga kekuatan, kekenyalan dan kepadatan kulit. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam kulit mulai berkurang dan membuatnya jadi kering, kendur, serta kehilangan elastisitas.

Tak hanya itu, kadar elastin yang menjaga kekenyalan kulit juga ikut menurun. Bahkan regenerasi kulit akan melambat seiring dengan penurunan kadar kolagen dan elastin. Karena itulah, kulit akan kesulitan dalam memperbaiki diri dari kerusakan.

Untuk menjaga agar kadar kolagen dalam tubuh ini tidak menurun, kamu bisa meningkatkannya dengan meminum kolagen yang dikemas secara instan. Namun produk ini di pasaran dibanderol dengan harga yang agak mahal.

Sebagai jalan alternatifnya kamu bisa membuat minuman kolagen sendiri dari buah-buahan. Seperti yang dilakukan oleh pemilik kanal YouTube Diy Natural Recipes. Ia memanfaatkan buah pisang dan alpukat, serta seledri untuk membuat minuman kolagen sendiri.

Kandungan pisang untuk meningkatkan kadar kolagen kulit.

Pisang mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin B6, dan mineral seperti magnesium dan potassium. Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting dalam pembentukan kolagen dalam tubuh. Vitamin C juga merupakan salah satu komponen utama yang merangsang produksi kolagen dalam kulit.

Seperti dilansir dari laman Healthline, bahwa pisang ada botoks alami yang bisa dikonsumsi untuk menjaga kekencangan dan kehalusan kulit. Kandungan antioksidan dan lemak baik dalam pisang juga mampu menjaga kulit tetap lembap dan bebas kusam.

Ternyata alpukat juga bisa merangsang pembentukan kolagen.

Sementara itu, alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak omega-3, serta vitamin E dan vitamin C. Vitamin E merupakan antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Selain itu, lemak sehat dalam alpukat bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tampak lebih kenyal.

Manfaat seledri untuk mengencangkan kulit.

Bahan tambahan yaitu seledri mengandung vitamin K dan antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C. Vitamin K dalam seledri dapat membantu dalam proses penyembuhan kulit dan memperkuat jaringan ikat. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan menyebabkan penuaan kulit.

Itulah beberapa manfaat dari bahan utama yang bisa kamu dapatkan. Lantas, bagaimana cara membuat minuman kolagen tersebut? Simak langkah-langkahnya seperti dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube diynaturalrecipes, Selasa (30/4).

Bahan-bahan:

- 1 buah pisang
- 1/2 buah alpukat
- 2 tangkai seledri

Cara membuat:

1. Potong buah pisang dengan ukuran kecil.
2. Buah alpukat juga dipotong dengan ukuran kecil-kecil.
3. Masukkan ke dalam gelas blender.
4. Cuci bersih daun seledri dan potong menjadi bagian kecil.
5. Masukkan ke dalam gelas blender.
6. Haluskan semua bahan.
7. Tuangkan pada gelas.
8. Minuman kolagen siap untuk dikonsumsi.
9. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya