8 Bahan Makanan Rekomendasi Dokter untuk Meningkatkan Produksi Kolagen Tanpa Suntik Botoks

"Ingin kulit sehat dan awet muda? Coba konsumsi 8 bahan makanan ini yang direkomendasikan oleh dokter untuk meningkatkan produksi kolagen alami dalam tubuh."

Life | 03 May 2024, 04:09
8 Bahan Makanan Rekomendasi Dokter untuk Meningkatkan Produksi Kolagen Tanpa Suntik Botoks

Jika ingin mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan treatment di klinik kecantikan, rutin menggunakan skincare, dan bisa juga merawat kulit menggunakan kolagen. Kolagen adalah suatu protein yang menyusun tubuh manusia.

Kolagen menjadi struktur pembangunan tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Tak hanya itu, kolagen juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit. Sebetulnya, kolagen sudah terdapat pada tubuh manusia secara alami. Namun kolagen alami harus tetap dirawat agar produksinya tidak terganggu atau menurun.

Seiring bertambahnya usia, produksi alami kolagen pada tubuh menurun, sehingga kulit akan mengalami berbagai tanda penuaan. Seperti keriput, kulit kendur, hingga garis-garis halus. Oleh karena itu, mengandalkan sumber kolagen alami dari tubuh manusia saja tidak cukup.

Di tengah proses melambatnya produksi kolagen, kamu bisa meningkatkan kebutuhan kolagen dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan mampu merangsang pembentukan kolagen alami dalam tubuh. Ini dilakukan sebagai kolagen booster yang akan membuat kulit jadi awet muda. Jadi kamu tak perlu membeli produk kolagen mahal di pasaran atau melakukan cara instan seperti suntik botoks.

Penasaran apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak 8 bahan makanan rekomendasi dokter yang bisa membantu tingkatkan produksi kolagen alami dalam tubuh, seperti dilansir briliobeauty.net dari kanal YouTube dr.Emasuperr, Selasa (30/4).

  1. Kaldu tulang.
    Kaldu tulang adalah bahan makanan yang mengandung kolagen tinggi. Ini karena tulang memiliki jaringan ikat yang ketika direbus dapat menghasilkan kolagen dan nutrisi lainnya, seperti asam amino, magnesium, dan fosfor. Jenis tulang yang bisa menghasilkan kolagen, yaitu tulang sapi, tulang kambing, dan tulang ayam.
  2. Unggas (ayam).
    Hampir seluruh bagian ayam seperti daging dan tulang diketahui mengandung berbagai jenis asam amino yang berperan sebagai zat pembentuk kolagen. Selain itu, daging ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan otak dan sistem saraf.
  3. Ikan dan kerang.
    Tak jauh berbeda dengan hewan lainnya, ikan dan kerang memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Daging ikan paling sedikit mengandung kolagen. Sementara bagian yang paling banyak mengandung kolagen adalah kepala, sisik, atau bola mata. Sayangnya, kebanyakan orang tak mau mengonsumsinya. Padahal jika diolah dengan tepat, ikan dan kerang menjadi makanan yang dapat membantu meningkatkan kolagen untuk mengencangkan kulit.
  4. Putih telur.
    Walaupun kandungan kolagennya tak begitu tinggi, putih telur diperkaya oleh prolin yang berfungsi membentuk kolagen di dalam kulit. Selain itu, putih telur diketahui mengandung 6,2 gram protein yang setara dengan 10 persen kebutuhan protein harian orang dewasa.
  5. Buah jeruk atau buah-buahan yang mengandung Vitamin C.
    Kamu yang ingin punya kulit awet muda, maka coba rajin mengonsumsi buah jeruk. Pada dasarnya jeruk tak mengandung kolagen. Hanya saja, mengutip Healthline, vitamin C pada jeruk berperan dalam memproduksi kolagen. Begitupun dengan buah-buahan lain yang tinggi akan kandungan vitamin C seperti lemon, mangga, hingga stroberi.
  6. Bawang putih.
    Menjadi bumbu dapur yang bisa mencegah kanker, nyatanya bawang putih juga mampu merangsang pembentukan kolagen alami tubuh. Pasalnya, bawang putih mengandung sulfur yang tinggi, yang merupakan mineral yang membantu mensintesis dan mencegah kerusakan kolagen.
  7. Sayuran hijau.
    Menjadi salah satu jenis makanan yang berperan penting, sayuran hijau juga mempunyai berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kamu lho. Terutama sayuran hijau seperti kale dan bayam yang mampu meningkatkan kolagen dalam tubuh. Sebab, sayuran hijau ini mendapatkan warna dari klorofil, yang mana mempunyai sifat antioksidan.
  8. Kacang-kacangan.
    Kacang-kacangan menjadi bahan makanan yang bisa diandalkan untuk merangsang pembentukan kolagen alami tubuh. Ini berkat kandungan zinc di dalamnya. Selain itu, kacang-kacangan juga diperkaya oleh vitamin E yang bersifat antioksidan sehingga mampu menjaga kulit agar tetap sehat dan lembap.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya