Tanda-tanda bahwa kamu perlu membeli laptop baru

"Berikut adalah tanda-tanda bahwa kamu perlu membeli laptop baru, mulai dari performa menurun hingga sering mengalami panas berlebih."

Tech | 13 May 2024, 14:53
Tanda-tanda bahwa kamu perlu membeli laptop baru

Saat pertama kali membuka kotak laptop, perangkat akan beroperasi pada kinerja puncak, masa pakai baterai juga pasti lebih lama. Laptop tidak akan mengalami panas berlebih dan penggunaan sumber daya juga efisien.

Namun, seiring bertambahnya usia, laptop akan mengalami masalah. Mulai dari performa dan daya tahan baterai yang menurun, atau sering mengalami panas berlebih. Berikut beberapa tanda yang menunjukkan bahwa mungkin sudah waktunya kamu mulai mencari dan berinvestasi pada perangkat baru.

1. Performa menurun

Jika performa mulai melambat atau sudah lagi tidak bisa diandalkan untuk mengerjakan beberapa tugas sederhana, itu pertanda jelas bahwa sudah waktunya untuk mulai mencari yang baru. Ini bisa menjadi bukti jika tugas yang dulunya ditangani dengan lancar sekarang menyebabkan kinerja yang terlalu panas dan lamban. Jika performa laptop menjadi masalah, mungkin sudah waktunya untuk memperbaruinya.

2. Tidak lagi mendukung pembaruan perangkat lunak

Sebagian besar laptop mendukung peningkatan perangkat lunak baru selama beberapa tahun. Jika laptop kamu tidak lagi mendukung rilis pemutakhiran perangkat lunak baru, dan kamu membutuhkan pembaruan perangkat, pertimbangkan untuk membeli laptop baru.

3. Sering mengalami panas berlebih

Seiring waktu, pembaruan perangkat lunak cenderung membebani laptop. Masalah ini dapat menyebabkan panas berlebih, terutama jika sistem pendingin laptop tidak dirancang untuk mendinginkan sistem secara terus-menerus saat berada di bawah beban maksimum. Jika panas berlebih terus berlanjut, terutama saat menjalankan perangkat lunak tertentu, ini menunjukkan bahwa perangkat keras tidak dapat menangani permintaan perangkat lunak. Memutakhirkan komponen seperti RAM dan penyimpanan dapat menjadi solusi sementara, tetapi jika sistem sudah tua, mengganti laptop mungkin lebih praktis dalam jangka panjang.

4. Gangguan grafis dan suara kipas mulai bising

Anomali visual seperti layar berkedip, muncul warna aneh, distorsi, suara GPU yang aneh, seringnya crash, dan tanda peringatan lainnya menunjukkan bahwa GPU mungkin kesulitan untuk merender grafik dengan benar. Jika komponen lain menghambat kinerja GPU dan memperbaiki masalah grafik memerlukan penggantian beberapa bagian, biasanya lebih praktis untuk berinvestasi pada perangkat baru.

5. Waktu boot-up dan shutdown yang lama

Jika komputer membutuhkan waktu lama untuk dinyalakan atau dimatikan, ada beberapa hal yang dapat kamu coba untuk mempercepatnya. Namun, jika komponen lain cenderung menyebabkan kemacetan, dan kamu mengantisipasi waktu boot yang lambat bahkan setelah memutakhirkan drive penyimpanan, mungkin sebaiknya kamu membeli laptop baru.

6. Perbaikan atau penggantian yang mahal

Jika kamu menumpahkan cairan ke laptop, memecahkan layar, atau mengalami masalah perangkat keras mahal lainnya, kamu harus menilai dengan cermat apakah memperbaiki laptop saat ini sepadan dengan investasinya dibanding dengan membeli yang baru. Jika biaya perbaikannya tinggi dan laptop menunjukkan tanda-tanda penuaan, sebaiknya berinvestasi pada perangkat baru.

7. Sering macet (freeze)

Kemacetan terjadi ketika satu komponen sistem membatasi komponen lain untuk beroperasi pada kapasitas maksimumnya. Jika kamu mengantisipasi potensi kemacetan atau menghadapi batasan perangkat keras saat memutakhirkan komponen tertentu, pertimbangkan untuk berinvestasi pada laptop baru dengan spesifikasi yang diinginkan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya