8 Cara Mengatasi Kelopak Mata Turun Sebelah Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Kondisi ini tentunya dapat mempengaruhi penampilan"

Life | 26 February 2022, 16:19
8 Cara Mengatasi Kelopak Mata Turun Sebelah Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Dalam istilah dunia medis kelopak mata turun sebelah dapat disebut dengan istilah Ptosis atau blepharoptosis. Hal ini merupakam suatu kondisi saat kelopak mata atas turun sebelah. Seiring bertambahnya usia, kelopak mata bawah sering kali mulai menurun akibat berkurangnya kekuatan otot yang mengendalikan kelopak mata. Namun, bila yang turun adalah kelopak mata atas, penglihatan dapat terganggu.

Saat kelopak mata kendur, kelopak mata atas memiliki peranan yang sangat penting karena fungsinya adalah untuk melindungi mata dari debu serta bakteri yang akan masuk ke dalam mata. Baik itu kelopak mata atas maupun bawah sangat rentan mengendur akibat kulit ingin menjadi bagian tubuh yang sangat tipis. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan bagi sebagian orang.

Kelopak mata atas yang mengendur tak hanya bisa menganggu penampilan, tapi juga bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Terkadang ptosis kerap disamakan dengan kondisi lain yang disebut dengan mata malas. Namun, kondisi ini sebenarnya berbeda. Mata malas hanyalah satu dari beberapa gejala yang muncul akibat kelopak mata turun sebelah.

Ptosis pada umumnya dapat menghalangi atau mengurangi penglihatan, tergantung seberapa banyak kelopak mata menutupi pupil. Pada umumnya, ptosis adalah kondisi yang bisa membaik, baik secara alami atau melalui intervensi medis. Sebelum mencari cara untuk mengatasi kelopak mata turun sebelah, sebaiknya carilah terlebih dahulu penyebabnya.

Mengenal penyebab kelopak mata turun sebelah

Kelopak mata terdiri dari dua lipatan dari kulit tertipis yang dimiliki oleh bagian tubuh. Kelopak mata dapat berfungsi untuk melindungi mata dari kekeringan, benda asing, dan ketegangan secara berlebih. Pada saat kondisi tidur, kelopak menyebarkan air mata secara merata ke seluruh bagian mata agar tetap terhidrasi, serta membantu mengeluarkan debu dan kotoran.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab kelopak mata turun sebelah :

- Cedera pada mata, kondisi ini bisa secara sengaja atau tidak melemahkan otot levator (otot yang menahan kelopak mata). Kondisi ini juga bisa terjadi ketika seseorang atau sesuatu mengenai mata, mengenakan lensa kontak bertahun-tahun, atau menggosok mata.

- Tumor kelopak mata, medis menyebut istilah ini dengan sebutan ptosis mekanis. Suatu kondisi adanya sesuatu yang membebani kelopak mata seseorang. Hal ini dapat terjadi pada seseorang yang mengalami kelainan genetik, untuk mengatasinya memerlukan bedah.

- Diabetes, seiring berjalannya waktu, gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang ada di dalam dan sekitar mata. Misalnya kelopak mata turun, mata murung, dan penglihatan ganda mungkin saja akan dialami.

- Stroke, ketika kondisi otak tidak mendapat cukup oksigen dan nutrisi akibat pembuluh darah pecah atau tersumbat oleh gumpalan, kondisi ini menyebabkan stroke. Stroke dapat menyebabkan kelopak mata terkulai atau kelopak mata turun sebelah.

- Faktor genetik atau bawaan dari lahir, Beberapa bayi dilahirkan dengan satu atau dua kelopak mata turun. Kondisi ini dapat terjadi ketika otot yang menahan kelopak mata tidak terbentuk dengan cara yang benar. Anak-anak dengan ptosis mungkin memiliki penglihatan lebih sedikit di bagian atas mata.

- Penuaan, kulit dan jaringan di sekitar mata meregang dan melemah seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kondisi ini dapat membuat kelopak mata terkulai perlahan seiring waktu. Untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan perawatan awet muda atau beberapa cara medis lainnya.

Itulah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan kelopak mata turun sebelah. Kondisi ini dapat dicegah melalui penerapan kebiasaan pola hidup yang sehat.

Cara mengatasi kelopak mata turun sebelah secara alami

Biasanya ketika dibawa ke dokter, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan sejarah medis. Untuk mengatasi kondisi ini tentunya dapat dilakukan melalui beberapa cara, termasuk cara alami. Berikut ini cara mengatasi kelopak mata turun sebelah secara alami :

1. Menggunakan putih telur

Putih telur juga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi kelopak mata mengendur secara ampuh dan alami. Putih telur diketahui dapat mengencangkan kulit kembali. Putih telur juga memiliki sifat antiinflamasi. Setelah menggunakannya, dinginkan dua kantong teh dan letakkan di mata selama 15-20 menit, hal ini akan memberikan kelopak mata efek yang sangat menyenangkan.

2. Mengonsumsi buah anggur

Daun.id

sumber; pixabay

Anggur diketahui miliki kandungan-kandungan beberapa unsur yang dapat mencegah ataupun memperlambat proses penuaan sel. Jika mengonsumsi anggur secara rutin dan teratur maka akan mendapatkan manfaatnya. Salah satunya untuk mengatasi kelopak mata turun sebelah. Jadi, konsumsi anggur secara rutin dan teratur dapat mengatasi kelopak mata turun sebelah.

3. Mencukupi waktu tidur

Waktu tidur yang berkualitas juga dapat membantu untuk mengatasi kelopak mata turun sebelah. Jika kurang tidur, seseorang dapat mengalami stres dan mata akan mengalami lelah. Kondisi ini dapat membuat kelopak mata menjadi kendur, termasuk turun sebelah. Untuk menghindari kondisi ini, aturlah waktu tidur untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Sehingga dapat mengatasi kelopak mata turun sebelah.

4. Mengatur posisi tidur

Daun.id

sumber; pexels

Selain waktu, posisi tidur juga penting untuk diperhatikan. Cara alami ini ialah dengan mengatur posisi tidur dalam keadaan kepala agak sedikit terangkat. Bagaimanapun, posisi tidur seperti ini sangat berpengaruh dalam banyak hal. Salah satunya terhadap kondisi mata. Perbaiki posisi tidur dengan kepala sedikit terangkat dapat mengatasi kelopak mata turun sebelah.

5. Gunakan masker bengkoang dan kentang

Cara mengatasi kelopak mata yang turun sebelah secara alami ialah dengan memanfaatkan kentang dan bengkoang. Salah satunya cara ialah dengan memanfaatkan bengkoang dan kentang sebagai masker wajah. Bengkoang terkenal memiliki banyak manfaat untuk masalah kulit ataupun kecantikan. Begitupun dengan kentang, kedua bahan ini dapat digunakan mengatasi kelopak mata turun sebelah.

6. Kompres dingin atau es batu

Daun.id

sumber; pixabay

Mengatasi kelopak mata turun sebelah secara alami berikutnya ialah dengan mengompres kelopak mata dengan air dingin atau es batu. Mengompres kelopak mata menggunakan air es, dapat membuat pembuluh darah dan juga jaringan yang ada pada area mata akan kembali kencang dan juga mengecil. Lakukan kompres dingin pada area mata dapat mengatasi kelopak mata turun sebelah.

7. Masker mentimun

Cara mengatasi kelopak mata turun sebelah selanjutnya ialah menggunakan masker mentimun. Mentimun merupakan obat yang sangat terkenal karena khasiatnya untuk kecantikan. Mentimun kaya akan asam caffeic dan asam askorbat, sehingga dapat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit. Caranya cukup letakan irisan mentimun pada bagian mata, lakukan kurang lebih selama 15 menitan.

8. Gunakan teh kamomil

Daun.id

sumber; pixabay

Menggunakan teh kamomil juga dapat mengatasi kelopak mata turun secara alami. Kamomil miliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi kelopak mata turun sebelah. Setelah membuat teh kamomil, dinginkan dua kantong teh yang telah digunakan, setelah itu letakkan di mata selama 15-20 menit. Dan rasakan sensasi dinginnya, dapat mengatasi kelopak mata turun sebelah secara alami.

Demikian delapan cara mengatasi kelopak mata turun sebelah secara alami. Cobalah beberapa cara di atas untuk mengatasi kelopak mata turun sebelah. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya melakukan komunikasi ke dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya