Badai Matahari yang Sangat Kuat Melanda Bumi, Dampaknya Terhadap Petani

"Badai Matahari yang memicu fenomena aurora borealis di sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS) menyebabkan kelumpuhan jaringan radio dan navigasi, berdampak pada sektor pertanian."

Badai Matahari yang Sangat Kuat Melanda Bumi, Dampaknya Terhadap Petani

Badai Matahari yang memicu fenomena aurora borealis di sebagian besar wilayah Amerika Serikat (AS) pada akhir pekan lalu menyebabkan kelumpuhan jaringan radio dan navigasi. Hal ini berdampak pada sektor pertanian.

Peralatan agrikultural seperti mesin traktor terganggu dalam proses penanaman bibit musiman, berdasarkan laporan 404 Media. Hal ini menyebabkan banyak petani yang menyetop aktivitas penananaman untuk sementara waktu.

Salah satu perusahaan rantai penyuplai alat agrikultur, John Deere, memperingati para petani bahwa akurasi sistem yang digunakan pada traktor sepenuhnya mengalami gangguan. Para petani yang menanam bibit dalam periode badai Matahari terjadi akan menghadapi masalah pada masa panen, menurut pesan singkat yang dilihat 404 Media, serta update yang dipublikasikan perusahaan.

Fenomena ini dan dampaknya yang besar menunjukkan rentannya traktor modern jika terjadi gangguan pada satelit. Hal ini sudah diwanti-wanti para pakar beberapa tahun sebelumnya.

"Semua traktor yang ada di lapangan saat ini lumpuh total karena adanya badai Matahari," kata Kevin Kenney, seorang petani dari Nebraska.

Badai atau jilatan Matahari yang terjadi pada pekan lalu diklasifikasikan sebagai X1.0. Peristiwa ini berdampak pada jaringan radio, listrik, sinyal nagivasi, hingga berisiko pada awak luar angkasa dan astronaut, dikutip dari laman resmi NASA.

Jilatan api Matahari dipicu bintik yang berada di permukaan Matahari yang telah membesar dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, digadang-gadang menjadi salah satu bintik Matahari terbesar dan teraktif yang terlihat dalam siklus Matahari.

Pemadaman radio disebabkan kuatnya pancaran sinar-X dan radiasi ultraviolet yang dipancarkan selama erupsi terjadi.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Scorpio Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, Scorpio akan merasakan kedekatan yang lebih dalam dengan pasangan. Bagi yang lajang, peluang untuk bertemu seseorang yang spesial cukup tinggi. Komunikasi adalah kunci.



Scorpio Selengkapnya







Our Network