Prakiraan BMKG: Hujan Ringan Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Waspadai Gelombang Tinggi

Tech | 15 May 2024, 02:57

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa hujan ringan akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia. Perlu diwaspadai juga adanya gelombang tinggi."

Prakiraan BMKG: Hujan Ringan Guyur Sebagian Besar Wilayah Indonesia, Waspadai Gelombang Tinggi

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa hujan ringan akan mengguyur sebagian besar wilayah Indonesia pada Minggu, 12 Mei 2024. Beberapa wilayah yang berpotensi hujan ringan antara lain Yogyakarta, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Ambon, Mataram, Kota Jayapura, Manokwari, Mamuju, Makassar, Kendari, Padang, dan Medan.

Kota Bandung diprakirakan akan mengalami hujan sedang dengan suhu 19-27 derajat Celcius dan kelembapan 60-95. BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada terhadap hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di Banda Aceh, Pontianak, Banjarmasin, dan Palembang. Kota Mamuju diprakirakan akan mengalami hujan disertai petir pada malam hari nanti.

Beberapa wilayah lainnya diprediksi akan berawan, seperti Manado, Ternate, dan Palangkaraya. Sementara itu, wilayah Denpasar, Serang, Bengkulu, Jakarta Pusat, Semarang, Surabaya, dan Kupang diprediksi akan cerah berawan. Kota Tarakan diprediksi akan cerah dengan suhu 25-30 derajat Celcius.

Selain itu, BMKG juga memprediksi bahwa sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi dalam beberapa hari ke depan. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Barat Laut-Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 6-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 6-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terjadi di Laut Arafuru.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya