Makanan yang Bisa Membantu Mengatasi Cacar Kulit

"Temukan makanan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan cacar kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh."

Life | 15 May 2024, 04:50
Makanan yang Bisa Membantu Mengatasi Cacar Kulit

Siapa yang semasa kecilnya pernah terkena cacar? Penyakit cacar atau varicella-zoster memang umumnya menyerang anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan cacar dapat menyerang orang dewasa yang belum pernah terkena virus ini sebelumnya.

Penyakit ini biasanya ditandai dengan adanya ruam merah berisi cairan yang sangat gatal. Infeksi cacar sering dianggap ringan, tetapi pada beberapa kasus, terutama pada orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, cacar bisa menyebabkan komplikasi serius.

Meskipun telah ada vaksin untuk mencegah cacar, penyakit ini masih menjadi masalah kesehatan di beberapa daerah. Jadi, selain vaksin, diperlukan makanan yang ampuh membasmi cacar. Makanan memiliki peran penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, terutama ketika sedang melawan penyakit.

Saat mengidap cacar, penting untuk memerhatikan asupan makanan yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Pola makan yang sehat dan sesuai akan membantu penyakit ini sembuh lebih cepat. Penasaran makanan apa saja yang ampuh membasmi cacar? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik yang dapat membantu meredakan gatal dan nyeri akibat cacar air. Tak hanya itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh yang penting saat cacar air. Untuk konsumsi jahe, kita bisa meminumnya sebagai teh jahe, menambahkan dalam makanan, atau jadi sup jahe.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu yang harus ada dalam setiap masakan, terutama Indonesia. Ternyata, bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi. Bawang putih juga mengandung allicin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi untuk meredakan gatal.

Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah favorit untuk dijadikan jus. Siapa sangka, ternyata alpukat baik untuk cacar air. Buah ini kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Alpukat juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu meredakan peradangan.

Kacang Hijau

Tahukah kamu? Ternyata kacang hijau adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Kacang hijau juga mengandung antioksidan yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang baik. Ia berperan menjaga daya tahan tubuh dan membantu menyembuhkan luka.

Selain mengonsumsi makanan di atas, orang yang mengalami cacar air juga perlu mengonsumsi cairan untuk mencegah dehidrasi. Cairan yang baik untuk dikonsumsi pasien cacar air adalah air putih, air kelapa, teh herbal, dan lainnya. Dengan mengonsumsi makanan yang tepat, proses penyembuhan cacar air pun bisa menjadi lebih cepat. Semoga bermanfaat!

Penulis: Elma Salsabila El Zahro


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya