Hindari Mengunduh Aplikasi Sembarangan di HP Android, Saldo Rekening Bisa Tersedot Habis!

Tech | 15 May 2024, 05:53

"Mengunduh aplikasi di HP Android memang menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi yang tersedia di Play Store atau toko aplikasi lainnya aman u..."

Hindari Mengunduh Aplikasi Sembarangan di HP Android, Saldo Rekening Bisa Tersedot Habis!

Pengguna HP Android harus berhati-hati saat mengunduh aplikasi ke dalam ponsel. Sejumlah aplikasi meniru platform resmi yang bisa mencuri informasi sensitif. Laporan ini berasal dari peneliti keamanan siber SonicWall Capture Labs. Berdasarkan pengamatan banyak aplikasi yang meniru Google, Instagram, Snapchat, WhatsApp, hingga X (dulunya Twitter).

Bahkan para pelaku membuat logo yang mirip dengan aplikasi sah. Setelah aplikasi di-install, malware juga ikut terpasang di dalam ponsel korbannya. "Malware ini menggunakan ikon aplikasi Android terkenal untuk menyesatkan pengguna dan menipu koran untuk meng-install aplikasi berbahaya pada perangkatnya," kata para peneliti, dikutip dari Tech Radar, Selasa (14/3/2024).

Malware akan meminta izin Accessibility Service dan Device Admin Permission (Layanan Aksesibilitas dan Izin Admin perangkat). Setelah izin diberikan para korban, maka pelaku dapat mengakses perangkat dengan mudah. Mereka akan terhubung dengan server command-and-control (C2) dan dapat mengakses daftar kontak, SMS, log panggilan, dan daftar aplikasi yang diinstal.

Selain itu, pelaku juga bisa mengirimkan SMS dari ponsel korban dan membuka laman phishing. Flashlight kamera dapat diaktifkan pula oleh para pelaku. Jika sudah dibobol, bukan tak mungkin data sensitif keuangan bisa dikuasai penjahat dan rekening terkuras habis.

Oleh karena itu, perlu diingat hanya menginstall aplikasi dari sumber yang sama seperti toko aplikasi resmi. Periksa izin yang diminta saat aplikasi akan diinstal. Selalu perbarui aplikasi ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan keamanan terbaru. Instal juga aplikasi keamanan seperti antivirus untuk melindungi HP Android Anda dari ancaman malware dan virus.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya