Aplikasi Satu Semakin Populer, WhatsApp Menghadapi Ancaman Tinggi!

"Telegram mengancam kepopuleran WhatsApp dengan jumlah pengguna yang terus meningkat"

Tech | 15 May 2024, 08:09
Aplikasi Satu Semakin Populer, WhatsApp Menghadapi Ancaman Tinggi!

Jakarta, - Telegram kian diminati banyak pengguna di dunia. Bahkan aplikasi itu mengancam kepopuleran WhatsApp. Telegram memiliki 900 juta pengguna dan akan mengantongi 1 miliar pengguna aktif bulanan dalam waktu dekat. Pendiri Pavel Durov menyebut banyaknya pengguna ini seperti kebakaran hutan.

"Pengguna aktif bulanan kami akan tembus 1 miliar pada tahun ini. Telegram telah menyebar luas seperti kebakaran hutan," kata Durov, dikutip dari Reuters.

Dengan capaian tersebut, Telegram masuk dalam jajaran platform terpopuler. Aplikasi pertukaran pesan itu bisa bersanding dengan Facebook, Youtube, WhatsApp, Instagram, Titok, hingga Wechat.

Jumlah pengguna Telegram memang masih tertinggal dari WhatsApp. Sebab pengguna aktif bulanannya per 2023, mencapai 2 miliar pengguna.

Sementara itu, Durov juga menyinggung sejumlah negara menekannya untuk membatasi pertukaran informasi tertentu. Namun dia menegaskan platformnya bakal tetap netral dan tidak terlibat pada konflik geopolitik.

Telegram jadi salah satu sumber informasi yang tidak menyaring konten saat perang Rusia dan Ukraina pecah tahun 2022 lalu. Meski dinilai transparan, namun juga banyak konten disinfomasi yang beredar.

Sistem enkripsi Telegram, dia menjelaskan membuat pesan yang dikirimkan tetap aman. Termasuk aman dari intervensi pemerintah. "Saya lebih baik bebas ketimbang tunduk pada perintah siapa pun," ujarnya.

Pemerintah juga berusaha menjebol enkripsi Telegram. Misalnya melalui lembaga FBI yang mencoba merekrut engineer Telegram untuk membobol backdoor.

Durov juga berbicara soal perusahaan teknologi lain seperti Apple dan Alphabet. Para pesaingnya itu, dia sebut melakukan sensor pada konten pengguna. "Dua platform tersebut benar-benar bisa menyensor apa saja yang Anda baca, serta mengakses semua yang ada di smartphone Anda," kata dia.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya