Lembaga Falakiyah PBNU Mengumumkan Jatuhnya 1 Dzulqa'dah 1445 H pada Jumat 10 Mei 2024

"Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengumumkan bahwa 1 Dzulqa'dah 1445 H jatuh pada Jumat Pahing 10 Mei 2024 M"

Life | 15 May 2024, 08:30
Lembaga Falakiyah PBNU Mengumumkan Jatuhnya 1 Dzulqa'dah 1445 H pada Jumat 10 Mei 2024

Jakarta, Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengumumkan bahwa 1 Dzulqa'dah 1445 H jatuh pada Jumat Pahing 10 Mei 2024 M.

Keputusan didasarkan pada hasil rukyatul hilal, bahwa seluruh lokasi melaporkan tidak melihat hilal 1 Dzulqa'dah 1445 H pada Rabu, 29 Syawal 1445 H bertepatan 8 Mei 2024.

Adapun lokasi yang tidak melihat hilal adalah sebagai berikut:

  1. Masjid Agung, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur Lembaga Falakiyah PCNU Kab. Bondowoso melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat mendung
  2. Masjid Agung Darussalam, Kota Mojokerto, Jawa Timur Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Mojokerto melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat mendung
  3. Sawah, Maron, Kabupaten Blitar, Jawa Timur Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Blitar melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat berawan sebagian (banyak awan, ufuk masih terlihat)
  4. Balai Rukyat Condrodipo, Kabupaten Gresik, Jawa Timur Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Gresik Cerah melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat dengan awan tipis (didominasi warna lembayung senja)
  5. GSG Ma'had Aly TBS, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Kudus & Ma'had Aly TBS melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat berkabut (banyak awan, ufuk tak terlihat)
  6. Rooftop Gedung Pondok Pesantren Rifaiyah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Batang & Lembaga Falakiyah Pondok Pesantren Rifaiyah melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat cerah dengan awan tipis (didominasi warna lembayung senja)
  7. Pondok Pesantren al–Falah Jakbar, DKI Jakarta Lembaga Falakiyah PWNU DKI Jakarta melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat berkabut (banyak awan, ufuk tak terlihat)
  8. Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Cianjur melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat mendung
  9. Kabupaten Majalengka Lembaga Falakiyah PCNU Kabupaten Majalengka melaporkan keterangan cuaca di ufuk barat hujan

LF PBNU Mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan partisipasi Nahdliyin dalam rukyatul hilal ini. Pihaknya juga meminta seluruh jajaran Lembaga Falakiyah PWNU dan PCNU se-Indonesia untuk menyampaikan ikhbar ini.

Sebagai informasi, hilal 29 Syawal 1445 H bertepatan dengan Rabu Kliwon, 8 Mei 2024 M. Data perhitungan falak LF PBNU menunjukkan tinggi hilal 0 derajat 50 menit 16 detik. Sementara ijtima atau konjungsi terjadi pada Rabu Kliwon, 8 Mei 2024 M pukul 10:25:19 WIB.

Sementara itu, letak matahari terbenam berada pada posisi 17 derajat 17 menit 30 detik utara titik barat, sedangkan letak hilal pada posisi 21 derajat 51 menit 04 detik utara titik barat. Adapun kedudukan hilal berada pada 4 derajat 33 menit 34 detik utara matahari dalam keadaan miring ke utara dengan elongasi 5 derajat 18 menit 14 detik.

Titik markaz Jakarta ini berlokasi di Gedung PBNU Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat dengan koordinat koordinat 6º 11’ 25” LS 106º 50’ 50” BT. Penghitungan ini dilakukan dengan metode falak (hisab) tahqiqi tadqiki ashri kontemporer khas Nahdlatul Ulama.

Adapun parameter hilal terkecil terdapat di Kota Merauke, Provinsi Papua Selatan. Ketinggian hilal di sana mencapai -0 derajat 8 menit dan elongasi hilal hakiki 4 derajat 17 menit, serta lama hilal di atas ufuk 0 menit 0 detik.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya