Keutamaan Bulan Dzulqa'dah dan Pentingnya Memahaminya

"Bulan Dzulqa'dah memiliki keutamaan dan pentingnya untuk dipahami. Pelajari lebih lanjut tentang keutamaan bulan ini dan mengapa memahaminya penting."

Life | 16 May 2024, 04:03
Keutamaan Bulan Dzulqa'dah dan Pentingnya Memahaminya

Allah swt tidak menciptakan sesuatu melainkan ada sebuah hikmah dan keutamaan di dalamnya, termasuk dengan bulan Dzulqa’dah. Bulan ini merupakan bulan ke-11 dalam penanggalan Hijriah dan dihimpit oleh dua bulan istimewa, yaitu Syawal dan Dzulhijjah. Dzulqa’dah berasal dari dua suku kata, yaitu dzul berarti memiliki dan qa’dah yang berarti duduk. Bulan ini dinamakan demikian karena di bulan tersebut bangsa Arab lebih banyak duduk (beristirahat) dari segala peperangan.

Keutamaan bulan Dzulqa’dah antara lain:

  1. Dzulqa’dah termasuk empat bulan haram, sebagaimana firman Allah swt dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36. Bulan haram adalah bulan yang di dalamnya diharamkan melakukan semua bentuk kezaliman dan aniaya. Segala dosa dan pahala menjadi amat besar di bulan-bulan ini dibanding bulan lainnya sehingga bulan haram begitu mulia di sisi Allah. Keempat bulan haram tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.
  2. Bulan Dzulqa’dah tergolong dalam tiga bulan haji, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 197. Bulan haji terdiri dari Syawal, Dzulqa’dah, dan Dzulhijjah (10 hari pertama).
  3. Dzulqa’dah menjadi bulan langganan Rasulullah saw menunaikan umrah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berumrah sebanyak empat kali, semuanya pada bulan Dzulqa’dah kecuali umrah yang dilaksanakan bersama haji beliau.
  4. Bulan Dzulqa’dah adalah 30 malam yang dijanjikan oleh Allah swt kepada nabi Musa. Sebagaimana firman-Nya dalam surat Al-A’raf ayat 142. Menurut Imam ‘Ata, yang dimaksud dengan 30 malam dalam ayat tersebut adalah bulan Dzulqa’dah.

Memahami keutamaan bulan Dzulqa’dah penting bagi umat Muslim. Bulan ini memiliki nilai dan berkah yang besar. Semoga kita semua bisa mendapatkan keberkahan di bulan yang mulia ini. Wallahu A’lam.

Ustadz Muhamad Sunandar, Alumni Universitas Al-Ahgaff.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya