Menghindari Penipuan dengan Menggunakan Kode QR: Pentingnya Berhati-hati saat Melakukan Scan untuk Menghindari Kehilangan Dana

Tech | 16 May 2024, 03:54

"Perkembangan teknologi membuat pengguna gawai harus meningkatkan kewaspadaan. Penipu mulai memanfaatkan kode QR untuk menjerat korban melalui modus 'quishing'. Pelaku memanfaatkan kemampuan kode QR un..."

Menghindari Penipuan dengan Menggunakan Kode QR: Pentingnya Berhati-hati saat Melakukan Scan untuk Menghindari Kehilangan Dana

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat para pengguna gawai (gadget), terutama telepon genggam (handphone) harus meningkatkan kewaspadaan. Sebab, modus penipuan baru yang beredar semakin mudah menjerat para penggunanya.

Baru-baru ini, para penipu mulai memanfaatkan kode QR untuk menjerat para korban melalui modus 'quishing'. Sebagai informasi, 'quishing' adalah gabungan dari kode QR dan phishing. Melalui modus itu, pelaku bakal memancing korban agar memperoleh informasi dan data pribadi.

Baca:Bukti Penipu HP Android Makin Ganas, Awas Rekening Dikuras Habis!

Dalam modusnya, korban akan dibawa ke situs tertentu setelah melakukan pemindaian QR Code melalui handphone. Selain bisa pesan teks biasa, modus ini juga mampu menunjukkan daftar aplikasi hingga alamat peta.

Pelaku memanfaatkan kemampuan itu untuk mengarahkan calon korbannya ke situs web palsu dengan membuat orang sulit mendeteksi situs yang akan dikunjungi sebelum membuka web.

Wired menuliskan, pelaku quishing akan mengelabui seseorang untuk mengunduh sesuatu ke dalam perangkat. Unduhan tersebut akan membahayakan perangkat milik korban.

Langkah berikutnya, para korban akan diminta memasukkan beberapa kredensial login. Informasi itu akan didapatkan oleh pelaku quishing.

Kejahatan ini semakin masif karena kode QR bisa dibuat dengan mudah dan siapa saja. Seseorang bahkan bisa membuatnya tanpa keahlian khusus.

Namun, ada cara untuk menghindari kejahatan quishing. Utamanya adalah jangan percaya QR code yang dipasang di tempat umum atau diberikan pada orang yang tidak jelas dari mana asalnya.

Baca:Modus Penipuan Email Palsu RI-Nigeria, Warga Singapura Ketipu Rp 32 M

Anda juga bisa mengenali QR code dengan tujuan kejahatan. Sebab, umumnya penipu akan meningkatkan rasa urgensi dan kekhawatiran calon korbannya, misalnya dengan menyertakan pernyataan 'Pindai kode QR ini untuk memverifikasi identitas Anda atau mencegah penghapusan akun Anda'.

Terakhir, jangan lupa mengaktifkan autentikasi dua faktor pada tiap akun. Selain itu, juga keluar dari perangkat yang tidak digunakan lagi.

(ilham/p/f)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya