Cara Membuat Collagen Booster dengan Menggunakan 1 Ampas Buah untuk Tampil Lebih Muda di Usia 50 Tahun

"Meningkatkan produksi kolagen dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan bercahaya. Pelajari cara membuat collagen booster dengan menggunakan 1 ampas buah untuk tampil lebih muda di usia 50 tahun."

Life | 16 May 2024, 06:57
Cara Membuat Collagen Booster dengan Menggunakan 1 Ampas Buah untuk Tampil Lebih Muda di Usia 50 Tahun

Semakin bertambahnya usia, banyak dari kita yang menginginkan kulit tetap segar dan awet muda. Bahkan saat memasuki usia 50 tahun, pastinya mereka ingin wajahnya terlihat bak umur 30 tahunan. Nah, bagaimana caranya? Salah satu kunci agar wajah tak tampak tua adalah melakukan perawatan dengan meningkatkan kolagen.

Kolagen adalah protein struktural utama yang ditemukan dalam tubuh manusia. Fungsinya sebagai "pondasi" kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat lainnya. Di kulit, kolagen memberikan kekuatan, elastisitas, dan kelembapan. Sayangnya, produksi kolagen secara alami menurun seiring bertambahnya usia, yang berarti kulit mulai kehilangan kepadatan dan kekenyalannya.

Kolagen bertanggung jawab untuk menjaga kulit tetap kenyal, lembap, dan bebas keriput. Ketika produksi kolagen menurun, kulit dapat mengalami tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis-garis halus, dan kehilangan elastisitas. Oleh karena itu, meningkatkan produksi kolagen dapat membantu menjaga kulit tetap muda dan bercahaya.

Untuk meningkatkan kolagen kamu bisa mulai merawat kulit dengan menggunakan collagen booster. Untuk mendapatkan collagen booster ini kamu bisa memperolehnya dalam bentuk makanan seperti mengonsumsi ikan, telur, dan sayuran hijau. Selain itu, ada suplemen dan produk perawatan kulit dengan kandungan vitamin C dan retinol.

Nah, produk skincare collagen booster ini bisa kamu dapatkan di pasar kecantikan. Namun biasanya collagen booster yang berkualitas bagus,dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong, yaitu sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 1,2 jutaan. Oleh karena itu, sebagai solusi utamanya kamu bisa membuat collagen booster sendiri, dalam bentuk pelembap dengan memanfaatkan bahan alami.

Cara inilah yang dilakukan oleh wanita dengan kanal YouTube @Khicibeauty. Melalui unggahan videonya pada Minggu (12/5), wanita dalam video memanfaatkan satu jenis biji-bijian yaitu flaxseeds. Kemudian dikombinasikan dengan ampas buah yaitu kulit jeruk, pomegranate, dan minyak lidah buaya.

Flaxseed mengandung asam lemak omega-3, yang dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan membantu menjaga kelembapan kulit. Semua kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan memperbaiki kerusakan kolagen. Flaxseed juga mengandung lignan, senyawa fitokimia yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan merangsang produksi kolagen.

Kulit jeruk mengandung vitamin C dalam jumlah besar, yang merupakan nutrisi penting untuk produksi kolagen. Dilansir dari stbotanica.com, Senin (13/5), vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan oksidatif dan merangsang sintesis kolagen. Kulit jeruk juga mengandung flavonoid, senyawa yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit dan mendukung kesehatan kolagen.

Buah delima (pomegranate) mengandung antioksidan kuat seperti punicalagin dan ellagic acid, yang dapat melindungi kolagen dari kerusakan akibat radikal bebas dan lingkungan. Kandungan nutrisi dalam buah delima dapat merangsang produksi kolagen dan memperbaiki kerusakan kolagen yang ada, sehingga membantu menjaga kulit tetap kenyal dan bercahaya.

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan yang kuat dan dapat memperbaiki kerusakan kulit, termasuk kerusakan kolagen. Sifat penyembuhan dalam lidah buaya juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembapan kulit. Gel lidah buaya mengandung senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru, termasuk sel-sel yang memproduksi kolagen, sehingga membantu memperkuat struktur kulit dan meningkatkan elastisitasnya.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat collagen booster agar wajah tetap awet muda? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @Khicibeauty, Senin (13/5).

Bahan:

- 2 sendok makan flaxseeds
- Kulit jeruk
- 2 gelas air putih
- Pomegranate oil
- Minyak lidah buaya.

Cara membuat:

1. Siapkan panci berisi air dan letakkan di atas kompor.
2. Jika sudah agak panas masukan flaxseeds.
3. Masukkan kulit jeruk.
4. Aduk semua bahan dan angkat.
5. Tuangkan pada wadah baru dan saring.
6. Tambahkan pomegranate oil dan aloe vera oil.
7. Aduk kembali dan serum buatan.
8. Masukkan ke dalam wadah kecil.
9. Pelembap buatan siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu.
2. Aplikasikan pelembap pada wajah hingga merata.
3. Pijat wajah secara perlahan.
4. Diamkan hingga pelembap ini meresap tanpa dibilas.
5. Gunakan pelembap ini setiap hari agar kulit kamu awet muda dan tampak kencang.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya