Penemuan NASA: Objek yang Mirip Kentang Ditemukan di Luar Angkasa, Ini Bentuknya

Tech | 19 May 2024, 19:50

"NASA menemukan objek mirip kentang di luar angkasa yang merupakan bulan bernama Amalthea yang mengorbit di dekat Jupiter."

Jakarta, - NASA menangkap objek misterius di dekat bintik merah (red spot) raksasa Planet Jupiter. Benda tersebut tertangkap kamera awak luar angkasa Juno.

Setelah diamati lebih dekat, benda tersebut ternyata merupakan Bulan yang mengorbit di dekat Jupiter.

Bulan berukuran kecil tersebut bernama 'Amalthea'. Astronaut mengatakan Amalthea merupakan objek paling merah di sistem tata surya.

Hal itu membuatnya susah terlihat karena terletak beririsan dengan bintik merah Jupiter dan memiliki ukuran kecil.

Lebarnya sekitar 100 mil dan berbentuk seperti kentang. Sebab, Bulan itu tak memiliki massa yang cukup untuk menciptakan bentuk yang lebih simetris.

Ilmuwan menilai warna merah pada Amalthea terbentuk dari sulfur bulan 'Io' yang letaknya berdekatan. Bulan tersebut diselimuti lelehan (volcano) yang aktif.

Wujud Amalthea yang dirilis NASA pekan ini dijepret ketika awak luar angkasa Juno melintas pada ketinggian 165.000 mil di atas awan Jupiter pada Maret lalu.

Juno memiliki komponen JunoCam yang dirancang untuk mengambil foto jarak dekat di sekitar Jupiter. Selain itu, data JunoCam juga bisa diakses publik.

Tim ilmuwan mengizinkan masyarakat untuk memproses hasil jepretan JunoCam. Selain itu, diadakan polling untuk menentukan apa yang harus difokuskan JunoCam selanjutnya.

Juno telah mengorbit di sekitar Jupiter selama 7 tahun. Awak tersebut bertugas mempelajari asal mula dan evolusi Jupiter, mengamati inti planet, serta mengukur unsur air dan amonia di atmosfernya.

Amalthea merupakan satu dari 95 Bulan di Jupiter yang telah ditemukan. Amalthea pertama kali dideteksi oleh Emerson Barnard pada 1892 silam.

Sekitar 25 tahun lalu, para ilmuwan bisa melihat Bulan kecil tersebut dengan bantuan awak Galileo milik NASA.

Amalthea berada di dalam orbit Io, yakni Bulan raksasa terdekat dengan Jupiter. Saking dekatnya dengan Jupiter, Amalthea hanya butuh waktu setengah hari Bumi untuk mengelilingi Jupiter.