Cara Mengatasi Kaki Belang Berdaki dengan 3 Bahan Alami, Tanpa Perlu Membeli Scrub Pemutih

"Kaki belang berdaki dapat diatasi dengan menggunakan 3 bahan alami yaitu bubuk kopi, gula pasir, dan minyak kelapa. Artikel ini memberikan informasi tentang cara mengatasi kaki belang berdaki secara a..."

Life | 20 May 2024, 07:22
Cara Mengatasi Kaki Belang Berdaki dengan 3 Bahan Alami, Tanpa Perlu Membeli Scrub Pemutih

Tak sedikit orang yang hanya memperhatikan perawatan kulit wajah saja, dan mengabaikan perawatan kulit tubuh yang lainnya. Salah satu bagian tubuh yang kerap kali luput dari perawatan adalah kaki. Padahal kaki adalah salah satu penunjang penampilan. Pasalnya, kaki yang tampak cerah merata dan mulus menjadi tanda jika seseorang sangat memperhatikan kecantikan tubuhnya.

Seperti yang diketahui bahwa kaki menjadi bagian tubuh yang rentan terpapar sinar matahari, polusi, dan radikal bebas lainnya. Nah, paparan sinar matahari yang berlebihan memiliki dampak buruk untuk kulit. Apalagi jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan tanpa menggunakan tabir surya, maka hal tersebut akan memperburuk penampilan kulit. Pasalnya, kulit jadi rentan menggelap dan terkadang warnanya tampak tidak merata.

Kulit yang tidak merata ini biasanya disebut dengan kulit belang. Nah, kaki menjadi salah satu bagian tubuh yang rentan belang, karena sering terpapar sinar matahari. Kondisi ini terjadi karena sinar UV matahari akan merangsang pembentukan sel melanin berlebih pada kulit.

Melanin sendiri merupakan komponen alami kulit yang berperan dalam memberikan pigmen warna. Jika produksi melanin ini berlebihan, maka kulit akan semakin gelap dan warnanya tidak merata. Hal ini cukup menurunkan kepercayaan diri. Tak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, penumpukan sel kulit mati yang tidak dibersihkan secara optimal juga dapat membuat kulit area kaki menggelap dan belang. Penumpukan sel kulit mati tersebut juga disebut dengan daki.

Untuk mengatasinya, tak sedikit orang yang memanfaatkan scrub pemutih di pasaran. Padahal ada bahan-bahan alami yang tak kalah ampuh dan pastinya tanpa efek samping lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @jannattips, yang memakai 3 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah bubuk kopi, gula pasir, dan minyak kelapa.

Kopi mengandung kafein dan antioksidan yang mampu membantu regenerasi kulit lebih cepat. Dilansir dari Beverly Hills MD Cosmeceuticals, kopi dapat membantu mengatasi lingkaran hitam yang membandel di bawah mata serta mengurangi hiperpigmentasi di area kulit tubuh. Bahan minuman pencegah kantuk ini juga mengandung asam klorogenat (CGA) dan melanoidin yang memiliki efek antiinflamasi. Bahan aktif tersebut juga dipercaya dapat mengurangi hiperpigmentasi kulit. Ini mengapa kopi bisa membantu mengatasi belang pada kaki.

Gula pasir menjadi salah satu bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk meratakan kulit belang pada kaki. Pasalnya bahan pemanis alami ini bisa bertindak sebagai scrub untuk eksfoliasi kulit. Gula juga mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan daki atau sel kulit mati yang menumpuk penyebab kulit belang.

Minyak kelapa yang juga efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, di antaranya adalah melembapkan kulit dan mengatasi kaki belang. Minyak kelapa diketahui mampu mencerahkan kulit, menyamarkan bintik hitam, dan meratakan warna kulit berkat berbagai kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Bahkan asam linoleat di dalamnya efektif untuk membantu mempercepat regenerasi kulit.

Hanya dengan tiga bahan alami tersebut, kamu bisa membuat scrub alami yang efektif untuk mencerahkan sekaligus meratakan warna kulit kaki yang belang. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

- 1 sendok makan bubuk kopi
- 1 sendok makan gula pasir
- Minyak kelapa secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Bersihkan kaki terlebih dahulu dari kotoran yang menempel
4. Keringkan kaki
5. Aplikasikan scrub buatan kamu pada bagian kaki yang belang
6. Gosok-gosok dengan lembut secara memutar selama 3-4 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lanjutkan dengan penggunaan body lotion
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kaki yang mulus dan cerah merata.

(ilham/p/f)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juli 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami kemajuan yang positif. Jika Anda sudah memiliki pasangan, hubungan Anda akan semakin erat dan harmonis. Jika Anda masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu dengan seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Cancer Selengkapnya