Cara Tumbuhkan Rambut Botak dengan 3 Bahan Alami: Tanpa Tonic Rosemary, TikToker Berbagi Tips

"Rambut rontok adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang. Artikel ini memberikan tips menggunakan 3 bahan alami untuk menumbuhkan rambut botak tanpa menggunakan tonic rosemary. Bahan-bahan yan..."

Life | 21 May 2024, 07:18
Cara Tumbuhkan Rambut Botak dengan 3 Bahan Alami: Tanpa Tonic Rosemary, TikToker Berbagi Tips

Rambut rontok adalah masalah umum yang dialami oleh kebanyakan orang. Namun sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari jika helaian rambut yang rontok sudah melebihi batas wajar. Akhirnya akan berdampak pada penipisan rambut dan kebotakan. Kebotakan adalah kondisi saat rambut mengalami rontok berlebihan dan membuat kulit kepala jadi terlihat sangat jelas.

Normalnya dalam sehari seseorang bisa kehilangan sekitar 50-100 helai rambut. Jika jumlah helai rambut yang rontok melebihi angka tersebut, kamu perlu berhati-hati. Karena jika tak segera ditangani, kamu bisa mengalami kebotakan di sebagain kepala atau keseluruhan kepala.

Beberapa faktor seperti riwayat penyakit, stres, pengaruh hormon, kehamilan, diet rendah kalori atau karbohidrat, pubertas dan menopause bisa menyebabkan rambut rontok yang berakibat pada kebotakan. Selain itu, faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, bahkan kualitas air yang buruk juga dapat berkontribusi pada kerapuhan rambut dan masalah kerontokan hingga kebotakan.

Tak hanya itu saja, gaya hidup yang tidak sehat, kurang nutrisi, hingga terlalu sering melakukan styling rambut menggunakan alat pemanas dan pewarna kimia dapat membuat rambut cepat rusak, rontok, sampai mengalami kebotakan. Dari berbagai faktor tersebut, genetik atau keturunan jadi faktor penyebab kebotakan paling umum.

Jika kamu salah satu orang yang mengalami masalah ini, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan hair tonic yang mengandung rosemary.

Pasalnya, daun rosemary memang dipercaya mampu meningkatkan pertumbuhan rambut berkat kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya. Namun sayangnya, tonic rosemary biasanya memiliki harga yang relatif mahal. Solusi lainnya, kamu bisa membuat masker rambut sendiri hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @beautytips329, yang hanya memakai 3 bahan alami untuk menumbuhkan rambut botak. Bahan alami yang dimaksud adalah pisang, aloe vera gel, dan minyak zaitun.

Kandungan pisang untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Pisang adalah salah satu buah yang tinggi kalium dan mineral. Berkat kandungannya tersebut, pisang diklaim mampu membantu meningkatkan kekuatan rambut dan mencegah kerontokan. Pisang juga mengandung vitamin B6, vitamin C, dan biotin, yang penting untuk kesehatan rambut serta menutrisi kulit kepala. Vitamin ini membantu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Manfaat aloe vera gel untuk mengatasi rambut botak.

Aloe vera gel kaya akan kandungan vitamin A, C, dan E. Ketiga jenis vitamin ini berkontribusi untuk mempercepat regenerasi sel sekaligus menyehatkan sel-sel rambut. Bahkan, aloe vera gel juga dikenal mampu memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Minyak zaitun dapat menyuburkan rambut.

Minyak zaitun menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk menyuburkan rambut. Ini berkat kandungan lemak, vitamin A, E, dan K di dalamnya yang berperan dalam melindungi keratin sekaligus memperkuat akar rambut. Hal ini lah yang akan membantu mengurangi kerontokan yang terjadi.

Mengandalkan tiga bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker rambut yang ampuh menumbuhkan rambut botak. Penggunaan yang rutin juga akan mencegah terjadinya kerontokan. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah lansir dari akun TikTok @beautytips329, Rabu (15/5).

Bahan:

  • 1 buah pisang matang
  • 1/2 sendok makan aloe vera gel
  • 2 sendok makan minyak zaitun

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Haluskan pisang menggunakan blender hingga benar-benar lembut
  2. Tuangkan pada wadah lalu tambahkan aloe vera gel dan minyak zaitun
  3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
  4. Aplikasikan masker pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, khususnya area yang botak
  5. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
  6. Diamkan selama 30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
  7. Lanjutkan dengan penggunaan sampo dan kondisioner
  8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut lebat bebas botak.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya