Ponsel Panitia World Water Forum Diretas Setelah Kritik Penyelenggaraan

Tech | 22 May 2024, 22:40

"Dugaan peretasan ponsel terjadi setelah panitia PWF 2024 mengkritik penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali."

Dugaan peretasan ponsel terjadi menyusul intimidasi, pembatalan, dan pembubaran paksa yang dialami agenda acara People's Water Forum 2024 di Bali. Panitia PWF 2024 membuat pernyataan terbuka mengkritik penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali yang dinilai tak memberi ruang untuk suara masyarakat sipil atas keadilan hak atas air di dunia tersebut.

Pengacara LBH Bali, Ignatius Rhadite, mengatakan serangan atas ponsel dilaporkan oleh Direktur LBH Bali, Rezky Pratiwi, dan Koordinator Prodem Bali, Roberto Hutabarat. Keduanya merupakan bagian dari organisasi masyarakat sipil yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan PWF 2024 di Bali. Peretasan terjadi pada Senin malam, 21 Mei 2024.

Pada Senin itu, panitia PWF 2024 mengeluarkan beberapa siaran pers yang berisi kritik terhadap pelaksanaan World Water Forum ke-10 dan kritik terhadap intimidasi, kekerasan, serta upaya pembubaran People's Water Forum oleh ormas. Namun, tidak lama berselang handphone kedua orang tersebut mendapatkan tindakan peretasan.

Peristiwa tersebut menegaskan bahwa negara tidak segan melakukan pelanggaran HAM terhadap rakyatnya demi melancarkan agenda kepentingan pemodal, dan mengamankan investasi. Mulai dari intimidasi oleh aparat, pembatalan fasilitas Institut Seni Indonesia Denpasar, pembubaran paksa dan kekerasan oleh ormas, hingga peretasan ponsel panitia, semuanya menunjukkan pelanggaran yang dilakukan negara.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Bali, Komisaris Besar Jansen Avitus Panjaitan, mengaku masih mendalami apa yang dialami panitia dan acara People's Water Forum 2024. Dia menyatakan baru mengetahuinya berdasarkan siaran live di media sosial yang dilakukan aktivis lingkungan. Namun, Jansen juga menyebutkan bahwa PWF 2024 tidak mematuhi aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya