Menghidangkan Ketupat: Menelusuri Jejak Warisan Budaya hingga Santapan Keluarga

"Mengenal lebih dalam tentang ketupat, makanan tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi dan menjadi santapan keluarga saat Lebaran."

Life | 23 May 2024, 09:45
Menghidangkan Ketupat: Menelusuri Jejak Warisan Budaya hingga Santapan Keluarga

Ketupat adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang memiliki nilai budaya tinggi. Makanan ini biasanya disajikan sebagai santapan keluarga saat Lebaran atau hari raya Idul Fitri. Ketupat terbuat dari beras yang dikukus dalam anyaman daun kelapa yang kemudian membentuk pola segitiga.

Jejak warisan budaya ketupat dapat ditelusuri hingga ribuan tahun yang lalu. Ketupat diyakini berasal dari zaman kerajaan Majapahit di Jawa Timur. Pada masa itu, ketupat digunakan sebagai makanan khas yang disajikan dalam acara-acara kerajaan.

Proses pembuatan ketupat sangatlah unik dan membutuhkan keahlian khusus. Pertama-tama, beras yang telah dicuci bersih dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa yang telah dibentuk menjadi segitiga. Kemudian, ketupat dikukus selama beberapa jam hingga matang sempurna.

Selain memiliki nilai budaya yang tinggi, ketupat juga memiliki nilai gizi yang baik. Ketupat mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama bagi tubuh. Selain itu, ketupat juga rendah lemak dan kolesterol, sehingga aman dikonsumsi oleh semua orang.

Tradisi menghidangkan ketupat saat Lebaran masih terus dilestarikan hingga saat ini. Ketupat menjadi salah satu hidangan wajib yang disajikan dalam hidangan Lebaran bersama dengan opor ayam, rendang, dan berbagai hidangan lainnya. Santapan keluarga saat Lebaran menjadi momen yang sangat berharga dan ketupat menjadi simbol persatuan dan kebersamaan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 19 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:23 ZUHUR 11:56
ASHAR 15:18 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:04  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya