Gempa M5,2 di Kabupaten Mamberamo Tengah, Skala Getarannya Tembus IV MMI

"Sebuah gempa dengan kekuatan M5,2 terjadi di Kabupaten Mamberamo Tengah. Gempa ini memiliki skala getaran mencapai IV MMI."

Tech | 23 May 2024, 17:40

Kabupaten Mamberamo Tengah di Provinsi Papua diguncang gempa magnitudo 5,2 pada pukul 15.31 WIB tadi, Selasa, 21 Mei 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat titik gempa berada di darat, pada jarak 22 kilometer di timur laut Kampung Kasonaweja, Papua. Pusat gempa berada di kedalaman 16 kilometer.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, menyebut intensitas guncangan akibat gempa tersebut mencapai skala IV MMI di daerah Apawer Hulu, Mamberamo Tengah, Mamberamo Hilir, Kota Burmeso, Kota Sarmi. “Diirasakan orang banyak di dalam rumah,” ucapnya dalam keterangan tertulis, tak lama pasca kejadian.

Masyarakat Kota Tolikara, Kota Kotamulia, Kota Tiom juga merasakan lindu yang sama dengan intensitas II-III MMI, atau getaran seakan ada truk berlalu. Daryono memastikan belum ada laporan kerusakan akibat gempa M5,2 tersenut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata dia.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lindu itu termasuk gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar naik di Mamberamo. “Aktivitas gempa ini memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault,” tutur Daryono. 

Hingga pukul 16.00 WIB, tidak ada tanda-tanda adanya aftershock atau lindu susulan. Kendati begitu, tim BMKG tetap mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang kebenarannya belum jelas.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 13 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya