Cara Kerja Ruang Pribadi, Salah Satu Fitur Terbaik Android 15: Mengungkap Rahasianya

"Ruang Pribadi adalah fitur terbaru pada Android 15 yang memberikan lapisan privasi ekstra. Temukan cara kerjanya dan bagaimana menggunakannya di ponsel Anda."

Tech | 23 May 2024, 20:13
Cara Kerja Ruang Pribadi, Salah Satu Fitur Terbaik Android 15: Mengungkap Rahasianya

Android 15 versi stabil rencananya akan dirilis pada akhir tahun ini. Namun baru-baru ini Google telah merilis Android 15 versi beta kedua. Dari sekian banyak fitur yang ada pada perilisan tersebut, Ruang Pribadi (Private Space) cukup mendapat perhatian.

Fitur ini pada dasarnya adalah bagian ponsel yang dilindungi kata sandi untuk menyimpan aplikasi, foto, dokumen, dan lainnya yang benar-benar terpisah dari ponsel atau tablet yang lain. Saat menggunakan fitur ini, kamu tidak dapat berinteraksi dengan hal-hal di luarnya, dan sebaliknya.

Samsung telah memiliki fitur yang sangat mirip yang disebut Folder Aman sejak lama. Ada beberapa alasan mengapa Ruang Pribadi dan Folder Aman bisa sangat berguna.

Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan lapisan privasi ekstra ke aplikasi kesehatan dan perbankan. Kamu dapat menyimpan semua aplikasi dan akun terkait pekerjaan di ruangnya masing-masing, atau mungkin hanya menginginkan keamanan lebih untuk foto dan video sensitif.

Ruang Pribadi lebih dari sekadar aplikasi kloning atau folder pribadi untuk foto. Ini berfungsi seperti akun pengguna sekunder di ponsel, tanpa perlu beralih profil. Misalnya, saat kamu mengambil foto dengan kamera dari Ruang Pribadi, foto tersebut hanya tersedia di ruang tersebut.

Cara menggunakan fitur Ruang Pribadi di Android

Mengulik cara kerja <strong>Ruang Pribadi</strong>, salah satu fitur terbaik <strong>Android 15</strong>

Untuk mengatur Ruang Pribadi di ponsel, kamu harus membuka Pengaturan > Keamanan & Privasi > Ruang Pribadi. Kamu akan melihat ikhtisar singkat tentang Ruang Pribadi dan apa yang perlu kamu lakukan untuk menggunakannya. Ketuk Siapkan untuk melanjutkan.

Ruang Pribadi berfungsi paling baik dengan akun Google. Seperti disebutkan di atas, kamu memerlukannya jika ingin memasang aplikasi di Ruang Pribadi. Ini bisa berupa akun Google yang sama yang kamu gunakan di luar Ruang Pribadi atau akun sekunder. Kamu juga akan memiliki opsi untuk memberikan Ruang Pribadi kunci yang berbeda dari yang kamu gunakan untuk membuka kunci perangkat.

Setelah siap, Ruang Pribadi dapat diakses di bagian paling bawah laci aplikasi Launcher. Saat ini, kamu tidak dapat mengakses Ruang Pribadi dengan peluncur pihak ketiga. Ketuk ikon kunci, lalu gunakan metode buka kunci untuk membuka aplikasi Ruang Pribadi.

Untuk menambahkan lebih banyak aplikasi ke Ruang Pribadi, cukup ketuk tombol Instal Aplikasi. Ini akan membuka Google Play Store dengan akun Google mana pun yang kamu gunakan untuk masuk. Kamu dapat menginstal aplikasi seperti biasanya dan aplikasi tersebut akan muncul di Ruang Pribadi setelah selesai diinstal.

Ada sejumlah pengaturan yang dapat ditemukan di menu Pengaturan > Keamanan & Privasi > Ruang Pribadi yang juga harus kamu periksa. Pertama, kamu dapat memutuskan kapan Ruang Pribadi akan terkunci kembali secara otomatis.

Kamu juga dapat memilih untuk menyembunyikan Ruang Pribadi dari laci aplikasi, menjadikannya lebih pribadi. Jika melakukan ini, kamu harus mengaksesnya dengan mencari Ruang Pribadi di bilah pencarian.

Perlu diingat bahwa ini masih perangkat lunak beta, jadi ada kemungkinan besar Private Space akan terlihat sedikit berbeda saat diluncurkan secara resmi akhir tahun ini. Selain itu, belum ada informasi lenih lanjut fungsinya di ponsel non-Google (Pixel) atau apakah Samsung akan mengadopsi Ruang Pribadi setelah memiliki Folder Aman.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya