Cara Membuat Minuman Kolagen untuk Mencegah Keriput dengan 1 Bahan Rempah, Tampak Muda dalam 15 Tahun

Life | 23 May 2024, 22:00

"Ingin tampil muda? Coba buat minuman kolagen dengan bahan rempah ini. Baca artikel ini untuk mengetahui cara membuatnya dan manfaatnya untuk kulit."

Cara Membuat Minuman Kolagen untuk Mencegah Keriput dengan 1 Bahan Rempah, Tampak Muda dalam 15 Tahun

Setiap orang pastinya ingin tampak muda saat usia mereka semakin bertambah tua. Fase penuaan yang terjadi pada kulit membuat perubahan yang begitu berbeda pada kulit, termasuk wajah. Perubahan ini meliputi munculnya tanda penuaan, yang paling banyak dikeluhkan adalah timbulnya keriput dan garis halus pada permukaan wajah.

Kondisi ini bisa terjadi ketika usia semakin bertambah, produksi kolagen dan elastin dalam tubuh ini semakin berkurang. Nah, kurangnya kedua protein ini mengakibatkan kulit kehilangan kekencangan dan elastisitasnya. Maka dari itu, membuat kulit mudah mengalami kerutan dan keriput.

Masalah kulit tersebut, bisa terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dan paparan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan elastin. Faktor lainnya yaitu kulit yang kehilangan kandungan air, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering dan rentan keriput. Faktor terakhir yakni genetik, di mana orang dengan keturunan kulit tipis atau kurang elastis kemungkinan lebih rentan terhadap keriput.

Agar kulit tampak halus kembali tanpa keriput, rutinitas perawatan yang perlu kamu lakukan, adalah meningkatkan produksi kolagen. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara mengonsumsi minuman kolagen. Ini memiliki berbagai manfaat untuk kulit, salah satunya adalah membuat wajah terlihat 15 tahun lebih muda. Tak hanya itu, minuman kolagen ini juga bisa memperbaiki kerusakan kulit, dan menghaluskan.

Begitu penting kolagen dalam tubuh, untuk mendapatkan minuman kolagen ini kamu tak perlu beli. Kamu bisa lho membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan di sekitar, seperti jenis rempah satu ini yakni jahe. Bahan masakan ini memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan pada kulit, dan mengurangi risiko kerusakan kolagen. Jahe mengandung senyawa antioksidan seperti gingerol, shogaol, dan zingerone.

Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat mempercepat proses penuaan. Dengan mengurangi kerusakan oksidatif, jahe dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit dan mendukung produksi kolagen yang sehat. Jahe juga dipercaya merangsang produksi kolagen dengan meningkatkan aliran darah dan sirkulasi ke kulit. Peningkatan aliran darah membawa lebih banyak nutrisi dan oksigen ke sel-sel kulit, yang penting untuk sintesis kolagen.

Selain mengandalkan jahe, minuman ini juga mengkombinasikan dengan buah apel dan tomat. Buah apel memiliki kandungan berupa vitamin C, yang mampu meningkatkan produksi kolagen dan melindungi kulit dari radikal bebas. Sementara itu, adanya serat pada apel, membantu dalam proses detoksifikasi tubuh, yang dapat membantu kulit tetap sehat dan bersih.

Bahan untuk membuat minuman kolagen tidak hanya jahe saja. Ada bahan tambahan lainnya yaitu tomat, apel hijau, dan madu. Tomat bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan radikal bebas. Hal ini lantaran, tomat mempunyai kandungan berupa likopen dan antioksidan. Sementara itu, adanya kandungan vitamin A dan C mampu memperbaiki jaringan kulit, yang rusak, dan mempercepat proses penyembuhan. Kombinasi dengan madu mampu mengurangi risiko infeksi dan membuat kulit menjadi lebih sehat, ini dikarenakan sifat antibakteri. Apel hijau mengandung vitamin C, yang merupakan kofaktor penting dalam sintesis kolagen. Vitamin C diperlukan untuk mengubah prolin dan lisin menjadi hydroxyproline dan hydroxylysine, dua komponen utama dari struktur kolagen. Sementara itu, adanya antioksidan seperti flavonoid dan polifenol dalam apel hijau dipercaya melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sehingga antioksidan membantu menjaga kadar kolagen yang sudah ada. Sementara, madu adalah humektan alami yang menarik dan mempertahankan kelembapan di kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik mendukung produksi kolagen dan elastisitas kulit. Tak hanya itu, madu mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas dan memiliki sifat antiinflamasi yang mengurangi peradangan kulit. Kedua sifat ini membantu melindungi kolagen dari kerusakan dan mendukung sintesis kolagen.

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari bahan-bahan di atas, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi minuman kolagen yang dibuat sendiri? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

1. 1 buah tomat
2. 1 buah apel hijau
3. 1 ruas jahe
4. 1 sendok makan madu murni
5. Air putih secukupnya.

Cara membuat:

1. Cuci terlebih dahulu apel dan buah tomat
2. Lalu, potong menjadi beberapa bagian kecil
3. Bersihkan jahe dari kulitnya dan potong-potong
4. Masukkan semua bahan ke dalam blender
5. Tuangkan air putih secukupnya
6. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata
7. Tuangkan pada gelas, sembari disaring, dan tambahan madu
8. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata
9. Minuman kolagen ini siap untuk dikonsumsi, setiap hari.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 21 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:27 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:23 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, kamu akan mengalami perubahan yang signifikan pada bulan Juli 2024. Jika kamu sudah memiliki pasangan, hubungan kamu akan semakin erat dan harmonis. Namun, jika kamu masih single, ada kemungkinan kamu akan bertemu dengan seseorang yang istimewa dan memulai hubungan yang serius.



Cancer Selengkapnya