Cara Mengatasi Mata Panda dengan Bunga untuk Mendapatkan Kulit Lebih Cerah dalam Seminggu

"Mata panda dapat diatasi dengan menggunakan bunga saffron, susu, dan biji almond sebagai masker alami. Artikel ini menjelaskan manfaat bunga saffron, susu, dan biji almond untuk menghilangkan mata pan..."

Life | 24 May 2024, 17:01
Cara Mengatasi Mata Panda dengan Bunga untuk Mendapatkan Kulit Lebih Cerah dalam Seminggu

Aktivitas yang padat tidak hanya membuat tubuh terasa lelah, tetapi juga bikin jam tidur kamu berantakan. Kebiasaan buruk ini bisa berdampak kepada kesehatan kulit wajah, seperti contoh munculnya mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata. Mata panda seringkali membuat orang terlihat tua, lelah, dan tampilan wajah tidak segar. Bahkan kurang tidur menyebabkan kulit terlihat pucat , sehingga pembuluh darah di bawah mata lebih menonjol.

Selain disebabkan kurang tidur, mata panda juga disebabkan oleh penuaan. Seiring bertambahnya usia, kulit kehilangan kolagen dan elastin sehingga menyebabkan penipisan dan pembuluh darah di bawah mata jadi lebih tampak. Alhasil area bawah mata menjadi gelap.

Sementara itu faktor lain seperti paparan sinar matahari, iritasi, atau faktor genetik, menyebabkan hiperpigmentasi di area mata. Akibatnya produksi melanin naik dan memberikan tampilan kulit tidak cerah seperti normalnya.

Untuk mengatasi mata panda yang membuat wajah sayu, kamu bisa menyegarkan kembali dengan treatment rutin. Selain mengandalkan eye cream atau produk skincare lainnya, kamu bisa merawat mata panda menggunakan bahan topikal seperti cara yang dibagikan pengguna Instagram @beauty.and.diy06.

Lewat unggahan Instagram, diketahui dia menggunakan beberapa helai bunga saffron, susu, dan biji almond yang dijadikan sebagai masker. Walaupun terbuat dari bahan alami, penggunaan secara rutin bikin mata panda hilang dalam satu minggu karena kandungannya.

Manfaat bunga saffron untuk kulit dan mata panda.

Saffron kaya akan antioksidan seperti crocin, safranal, dan kaempferol yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan stres oksidatif. Saffron memiliki sifat pencerah kulit alami yang membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi. Melansir dari buywow.in, Rabu (22/5), sifat antiinflamasi pada saffron membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di bawah mata.

Susu sebagai pencerah dan pengangkat sel kulit mati.

Sementara itu, susu mengandung asam laktat yang membantu mengeksfoliasi kulit secara lembut, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan area bawah mata. Susu melembabkan kulit dan membantu menjaga kelembaban, membuat kulit di sekitar mata tampak lebih segar. Kandungan protein dan enzim dalam susu memiliki efek menenangkan pada kulit, mengurangi iritasi dan bengkak.

Kandungan vitamin E pada almond bantu melindungi kulit dari sinar matahari.

Biji almond kaya akan vitamin E yang membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari kerusakan. Kandungan asam lemak dalam almond membantu melembapkan kulit dan mengurangi kekeringan serta garis halus. Almond mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan mencerahkan kulit di sekitar mata.

Biji almond ternyata punya kandungan antioksidan berupa vitamin E. Kandungan vitamin E ini bantu melawan radikal bebass yang dapat merusak sel-sel kulit. Nah, radikal bebas merupakan molekul tidak stabil yang dihasilkan oleh paparan sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya. Dengan menetralisir radikal bebas, antioksidan membantu mencegah kerusakan sel kulit.

Itulah manfaat dari masing-masing bahan yang diklaim bisa mencerahkan mata panda. Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari bahan alami? Bagi kamu yang ingin mencoba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana rangkum dari Instagram @beauty.and.diy06, Rabu (22/5).

Bahan:

- 5 hingga 6 helai bunga saffron
- 1 sendok teh susu
- 1 biji almond

Cara membuat:

1. Masukkan bunga saffron ke dalam alat penumbuk dan haluskan
2. Ambil serbuk bunga saffron
3. Balik alat penumbuk dan bersihkan
4. Tuangkan susu murni
5. Taburkan serpihan bunga saffron
6. Gosokkan biji almond pada bahan tersebut hingga haluskan
7. Masker mata siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

1. Bersihkan area mata terlebih dahulu.
2. Aplikasikan masker alami pada bawah mata.
3. Tunggu selama 15 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa.
5. Gunakan masker mata secara rutin agar mata panda hilang.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 13 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya