Pencegahan Stunting oleh Bidan di Bangkalan melalui Pijat Tuina

"Bidang kesehatan di Bangkalan menggunakan pijat tuina sebagai solusi untuk mencegah stunting pada anak-anak."

Life | 26 May 2024, 03:42
Pencegahan Stunting oleh Bidan di Bangkalan melalui Pijat Tuina

Persoalan stunting masih banyak ditemukan di Indonesia. Untuk menanggulangi hal ini, Irawati Ningsih, seorang bidan di Desa Socah Bangkalan menerapkan inovasi pijat tuina. Ia tak lain adalah salah satu peserta pelantikan dan pengambilan sumpah pendidikan profesi bidan di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), Selasa (21/05/2024).

“Awal mulanya saya tergerak untuk mengangkat persoalan stunting ini menjadi penelitian studi saya, apalagi sejak menjadi bidan di daerah tempat tinggal saya, Socah, Bangkalan, persoalan kurang gizi pada balita itu masih banyak dijumpai. Sehingga tercetuslah pijat tuina ini sebagai salah satu solusi, dan alhamdulillah hasilnya berdampak bagus,” ungkapnya kepada Jatim, Rabu (22/05/2024).

Pijat tuina merupakan teknik pijat yang digunakan untuk menangani penurunan nafsu makan pada bayi dan anak. Irawati mengadaptasi teknik ini untuk membantu memperbaiki asupan gizi pada anak-anak melalui stimulasi tubuh. Untuk mengetahui hasilnya, ia menerapkan inovasi ini selama enam bulan di Puskesmas tempatnya bekerja.

“Pijat tuina saya lakukan setiap hari dengan metode pengecekan tinggi dan berat badan setiap dua minggu sekali. Pemantauan ini dilakukan selama enam bulan dan hasilnya cukup bagus, bayi dan anak-anak jadi lahap makan dan berat badan naik,” kata Irawati bercerita dengan semangat.

Irawati mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan. Dukungan itu agar menjadikan pijat tuina sebagai inovasi keberhasilan untuk akhirnya diterapkan di beberapa Puskesmas di Bangkalan.

Baca selengkapnya di https://jatim.nu.or.id/pendidikan/ikhtiar-bidan-unusa-cegah-stunting-lewat-inovasi-pijat-tuina-JBj79

(ilham/p/f)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya