7 Tanda Kolesterol Tinggi di Malam Hari yang Muncul pada Pria

"Tanda-tanda kolesterol tinggi pada pria yang bisa dikenali terutama di malam hari."

Life | 28 May 2024, 11:39
7 Tanda Kolesterol Tinggi di Malam Hari yang Muncul pada Pria

Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Namun, pada pria, tanda-tanda awal kolesterol tinggi dapat membantu dalam penanganannya lebih awal. Kolesterol adalah lemak yang berperan dalam pembentukan sel tubuh, tetapi kelebihan kolesterol dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Ada dua jenis kolesterol utama, yaitu LDL (low-density lipoprotein) yang dikenal sebagai 'kolesterol jahat' karena menumpuk di dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan, dan HDL (high-density lipoprotein) yang disebut sebagai 'kolesterol baik' karena membantu mengeluarkan kolesterol dari arteri.

Kolesterol tinggi adalah masalah umum, terutama pada pria. Selain gejala umum seperti nyeri dada atau sesak napas, ada tanda-tanda tidak biasa yang dapat muncul, terutama di malam hari, terutama pada kaki dan kaki. Menurut The Health Site, berikut adalah tujuh indikator kurang dikenal dari kolesterol LDL tinggi pada bagian bawah tubuh seorang pria:

1. Restless Leg Syndrome

Kolesterol berlebih dapat menyebabkan Restless Leg Syndrome (RLS), yang membuat pria merasa dorongan konstan untuk menggerakkan kaki mereka, terutama di malam hari. Kolesterol jahat memperburuk gejala ini, mengganggu tidur dan menciptakan ketidaknyamanan.

2. Nyeri dan Ketidaknyamanan pada Kaki

Kolesterol LDL tinggi dapat menyebabkan kram kaki yang tidak terduga, terutama di malam hari, mengganggu tidur dan menciptakan kegelisahan. Penting untuk berkonsultasi dengan profesional jika mengalami kram berulang, karena ini bisa menjadi indikasi masalah kolesterol.

3. Kaki Sangat Dingin

Pria dengan kadar kolesterol tinggi mungkin mengalami kaki yang sangat dingin bahkan dalam kondisi hangat, karena sirkulasi darah yang buruk akibat penumpukan kolesterol. Diet sehat dan menjaga kadar kolesterol optimal dapat membantu mengurangi kondisi ini.

4. Pembengkakan pada Kaki

Pembengkakan pada kaki bisa menjadi tanda kolesterol tinggi pada pria. Penumpukan kolesterol mengganggu sirkulasi darah, menyebabkan retensi air dan pembengkakan. Minum banyak cairan, mengurangi asupan garam, dan mengangkat kaki dapat membantu mengurangi pembengkakan.

5. Kesemutan atau Sensasi Geli

Kesemutan atau sensasi geli pada kaki, yang dikenal sebagai neuropati perifer, disebabkan oleh kerusakan saraf akibat kolesterol tinggi. Ketidaknyamanan ini memburuk di malam hari karena aliran darah yang berkurang. Mengadopsi gaya hidup sehat dan mengelola kadar kolesterol dapat membantu mengurangi gejala ini.

6. Kelemahan Ekstrem pada Kaki

Pria dengan kadar kolesterol tinggi mungkin mengalami kelemahan pada kaki mereka, sehingga sulit bagi mereka untuk berdiri atau berjalan. Hal ini bisa disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk ke otot kaki akibat penumpukan kolesterol. Latihan teratur dapat membantu menguatkan otot kaki dan meningkatkan sirkulasi darah.

7. Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit pada kaki bisa menjadi tanda kolesterol LDL tinggi pada pria. Kulit dapat terlihat pucat atau kebiruan karena aliran darah yang buruk. Memantau kadar kolesterol dan berkonsultasi dengan dokter dapat membantu mengatasi perubahan warna kulit ini.

Mengenali tanda-tanda kolesterol tinggi pada pria, terutama yang muncul di malam hari, sangat penting untuk penanganan efektif masalah kesehatan ini. Berkonsultasi dengan profesional medis dan mendapatkan diagnosis yang akurat diperlukan untuk mencegah masalah yang lebih serius di masa depan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya