6 Tips untuk Mengembalikan Ponsel Android Lama Seperti Baru

"Mengembalikan ponsel Android lama seperti baru dengan 6 tips sederhana. Ganti casing dan pelindung layar, bersihkan ponsel, port charger, dan lensa, hapus aplikasi yang tidak digunakan, atur nada deri..."

Tech | 28 May 2024, 12:51
6 Tips untuk Mengembalikan Ponsel Android Lama Seperti Baru

Ponsel cerdas adalah salah satu perangkat yang relative mahal. Karena itu ada baiknya selalu menjaga ponsel cerdas kamu dalam kondisi yang baik untuk memperpanjang masa pakainya dan tentu saja menghemat uang.

Beberapa langkah sederhana akan memperpanjang umurnya sambil memastikannya berfungsi seperti baru. Nah untuk ponsel cerdas Android yang lama, kamu bisa meremajakannya membuatnya terasa baru. Berikut cara melakukannya.

1. Ganti casing dan pelindung layar

Jika casing ponsel kotor dan pelindung layar tergores, sebaiknya segera diganti. Berikan kesan baru pada ponsel dengan casing berwarna cerah, hasil akhir transparan, atau sesuatu yang unik. Ada banyak pilihan gaya yang tersedia di pasaran. Kamu juga dapat memilih antara plastik keras dan bahan silikon lembut dengan tonjolan dan lekukan yang ergonomis jika menginginkan pegangan yang lebih baik.

Selain itu kamu sebaiknya mengganti pelindung layarnya juga. Setelah bertahun-tahun digunakan, ini mungkin tidak memberikan kinerja visual atau sentuhan terbaik. Pelindung layar kaca temper cenderung retak setelah beberapa lama penggunaan. Sementara pelindung layar berbahan plastik lunak mudah tergores dan membentuk gelembung.

Untungnya, pelindung layar relatif murah. Pelindung layar yang baru akan sangat membantu meningkatkan warna layar ponsel dan melindunginya dari jatuh dan kerusakan lainnya.

2. Bersihkan ponsel, port charger, dan lensa

Kotoran dan debu pasti menumpuk di sekitar port pengisian daya, lensa, dan bingkai jika ponsel lama tersimpan di dalam casing selama bertahun-tahun. Mengganti casing adalah waktu yang tepat untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk di bawahnya dan membuat ponsel terlihat bersih dan berkilau.

Kamu hanya membutuhkan kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam disinfektan berbahan dasar alkohol untuk bodi dan tusuk gigi kayu untuk membersihkan area yang sulit dijangkau seperti port pengisi daya dan jaring speaker.

Ponsel biasanya akan menyedot minyak, kotoran, dan bakteri dari jari kamu setiap hari. Pembersihan rutin akan membuatnya tetap terlihat baru, tanpa noda atau sidik jari yang mengurangi kualitas tampilan. Disarankan agar pengguna ponsel berat membersihkan ponsel mereka seminggu sekali dan mendisinfeksi layar mereka setidaknya sekali sehari untuk mencegah penumpukan kotoran dan kuman.

3. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Kita semua memiliki aplikasi yang diunduh untuk dicoba. Tetapi tidak semua aplikasi digunakan. Nah sebaiknya kamu hapus aplikasi yang jarang digunakan agar tidak memenuhi ruang penyimpanan dan memori ponsel.

Aplikasi yang tidak digunakan ini menghabiskan sumber daya dan seringkali invasif, mengacaukan layar, menyimpan data, dan mengirim pemberitahuan yang tidak diinginkan. Menghapus aplikasi lama adalah salah satu cara terbaik untuk membuat ponsel Android terasa baru kembali.

Kebanyakan pengguna memiliki puluhan aplikasi di ponsel dan mungkin sulit untuk mengetahui mana yang harus dihapus dan mana yang harus disimpan tanpa memilah-milahnya. Android menyederhanakan ini dengan filter sederhana untuk mengurutkan berdasarkan nama, ukuran, dan tanggal terakhir digunakan. Kamu juga dapat menggunakan filter Diinstal oleh Kamu jika khawatir akan menghapus aplikasi sistem yang penting.

4. Nada dering dan notifikasi baru

Kebanyakan orang tetap menggunakan nada dering dan peringatan Android default dan hampir tidak mengubahnya setelah disetel. Tidak ada yang salah dengan melodi dan nada bawaan, tetapi tidak menginspirasi karena semua orang memilikinya. Sangat mudah untuk salah mengira ponsel orang lain sebagai ponsel kamu di tempat ramai.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengatur nada dering khusus dari musik yang disimpan di ponsel Android sehingga akan memutar musik yang kamu sukai atau tema film favorit saat seseorang menelepon. Jika kamu tidak menyimpan musik di ponsel, kamu dapat mengunduh aplikasi seperti Zedge yang menawarkan nada dering dan peringatan yang tak terhitung jumlahnya. Pasti ada satu yang kamu sukai.

5. Tema dan wallpaper khusus

Ponsel Android dikenal dengan opsi penyesuaian visualnya yang mengesankan. Kamu mungkin harus mengganti wallpaper atau menambahkan tema baru untuk menyelesaikan perombakan. Serangkaian visual baru akan menawarkan pengalaman pengguna yang baru dan membuat Android lama kamu terasa baru lagi.

Mengubah wallpaper dan tema sangat mudah karena pemilihan bawaan dan kemampuan untuk mencari berdasarkan palet warna atau kategori seperti lucu atau penuh warna. Kamu juga dapat mengunduh opsi gratis dan berbayar khusus jika menginginkan sesuatu yang berbeda.

Aplikasi pihak ketiga seperti Zedge memudahkan untuk mencocokkan tema dan nada dering. Semuanya mulai dari bunga dan pola abstrak hingga selebritas dan film, jadi kamu tidak akan pernah kehabisan ide.

6. Pengaturan ulang ke setelan pabrik

Pengaturan ulang ke setelan pabrik benar-benar akan membuat ponsel Android lama kamu terasa seperti baru lagi. Sebaiknya simpan data kamu sebelum melakukannya.

Selalu buat cadangan gambar berharga dan data penting lainnya sebelum mencoba pengaturan ulang pabrik. Prosesnya tidak dapat diubah, dan kamu akan kehilangan data selamanya jika tidak menyandangkannya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya