Memahami Aliran Ion di Poros Terkecil

"Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana aliran ion terjadi di poros terkecil dan dampaknya dalam berbagai aplikasi."

Tech | 29 May 2024, 08:31
Memahami Aliran Ion di Poros Terkecil

Aliran ion adalah pergerakan partikel bermuatan listrik yang terjadi di dalam poros terkecil. Poros terkecil ini memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga hanya partikel-partikel dengan ukuran yang sangat kecil juga yang dapat melewatinya. Aliran ion memiliki peran penting dalam berbagai aplikasi, seperti sensor, baterai, dan pemurnian air.

Aliran ion terjadi karena adanya perbedaan potensial listrik antara dua ujung poros terkecil. Partikel bermuatan listrik akan bergerak dari daerah dengan potensial tinggi ke daerah dengan potensial rendah. Proses ini disebut dengan elektromigrasi.

Dalam sensor, aliran ion digunakan untuk mendeteksi keberadaan zat tertentu. Ketika zat tersebut berinteraksi dengan poros terkecil, aliran ion akan berubah, dan perubahan ini dapat dideteksi sebagai sinyal sensor.

Di dalam baterai, aliran ion digunakan untuk menghasilkan arus listrik. Ketika baterai dicharge, ion-ion akan bergerak dari elektroda negatif ke elektroda positif, dan ketika baterai digunakan, ion-ion akan bergerak sebaliknya.

Di dalam pemurnian air, aliran ion digunakan untuk memisahkan ion-ion yang terlarut dalam air. Poros terkecil dengan muatan listrik yang berlawanan akan menarik ion-ion tertentu, sehingga air yang keluar dari poros terkecil menjadi lebih murni.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 13 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:28 SUBUH 04:38 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya